Aplikasi Belajar Mengaji di Smartphone Buat Anak Anda

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Smartphone sekarang ini bukan hanya dipakai orang dewasa, tapi gawai yang satu ini juga sudah merambah ke anak-anak di bawah 10 tahun. Bahkan, anak-anak tersebut tidak kalah canggih mengoperasikan smartphone sampai mengerti memakai aplikasi yang ada di ponsel tersebut.

Namun masalahnya, anak-anak sering menggunakan smartphone untuk bermain game atau melihat video di YouTube dan lainnya. Padahal banyak aplikasi yang sangat bermanfaat untuk anak-anak di dalam smartphone. Salah satunya adalah aplikasi belajar mengaji di smartphone.

Aplikasi tersebut banyak beredar di play store dan bisa diunduh secara gratisan. Nah, dikutip dari berbagai sumber, berikut aplikasi belajar mengaji di smartphone yang sangat berguna untuk anak-anak bahkan orang dewasa yang belum bisa mengaji.

# Marbel

Aplikasi ini mengajarkan anak-anak yang usianya antara 2 sampai 12 tahun untuk mengetahui huruf dan angka hijaiyah. Selain itu juga diajar Harokat,  belajar Tanwin dan masih banyak lagi.

Di dalam aplikasi Marbel juga terdapat game atau permainan yang sangat mengasikan serta mengasah kecerdasan anak. Permainan edukasi tersebut antara lain kuis Hijaiyah, teka-teki Hijaiyah, tebak harokat, tebak tanwin dan masih banyak lagi.

Sebagai daya tariknya, aplikasi belajar mengaji yang satu ini juga dilengkapi dengan gambar atau animasi yang menarik, musik yang enak serta narasi untuk anak yang belum dapat membaca.

# Bee

Aplikasi belajar mengaji di smartphone lainnya ada Bee yang dibuat untuk anak dengan usia antara dua sampai sembilan tahun, bahkan orang dewasa juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk belajar mengaji.

Fitur belajar mengaji yang tersedia di aplikasi ini diantaranya belajar huruf hijaiyah, ada contoh suara bacaan yang juga dilengkapi dengan khorakat seperti fathah, kasrah, dhammah serta tajwid, idzhar, ihfa’, iqlam dan sebagainya.

Bukan hanya belajar membaca AlQur’an, aplikasi Bee juga bisa untuk belajar membaca, berhitung, belajar bahasa Inggris dan tentunya permainan yang bisa mengasah otak atau kecerdasan anak.

# Belajar Al Quran

Seperti namanya, aplikasi smartphone yang satu ini dikhususkan bagi yang belum bisa membaca serta menulis Al Quran. Untuk meterinya diambil dari Iqro’, serta sumber lainnya dengan menggunakan cara pembelajaran yang tepat mulai dari tingkat dasar sampai mahir.

Di dalam aplikasi Belajar Al Quran juga terdapat suara di setiap huruf, jadi dengan begitu anak-anak akan dengan cepat mengerti memahami.

# Sikembar

Aplikasi belajar mengaji di smartphone selanjutnya ada Sikembar yang di dalamnya dilengkapi dengan fitur menarik. Metode yang digunakan untuk mengeja bahasa arab sangat gampang atau tidak sulit untuk dipahami oleh anak-anak.

Sebagai daya tarik dari aplikasi ini menggunakan karakter tokoh kartun populer yaitu Ipin dan Upin, juga terdapat gambar kartun dan suara yang imut, lucu serta interaktif. (Adi/R5/HR-Online)