Aplikasi Pendeteksi Gempa Bumi di Android yang Update dan Terpercaya

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Indonesia menjadi salah satu negara yang cukup sering mengalami gempa bumi. Bahkan, baru-baru ini gempa berkekuatan besar seperti di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Donggala Sulawesi Tengah, bukan hanya menghancurkan bangunan tapi juga memakan korban yang tidak sedikit.

Apabila gempa bumi dengan kekuatan yang kecil mungkin tidak akan menimbulkan besar bahkan ada yang tidak merasakan, beda halnya dengan gempa yang berkekuatan besar pasti itu wajib diperhatikan.

Sebenarnya Anda bisa mendeteksi gempa bumi dengan memanfaatkan ponsel berbasis Android. Ya, ada beberapa aplikasi pendeteksi gempa bumi yang bisa dipasang di ponsel Android.

Dengan adanya aplikasi tersebut, sangat bermanfaat dengan mendeteksi gempa bumi yang terjadi, sehingga dapat membantu Anda untuk bertindak cepat untuk menyelamatkan diri.

Nah, dikutip dari berbagai sumber, berikut ini aplikasi pendeteksi gempa bumi di Android yang bisa dicari di play store.

# EarthQuakes

Pilihan pertama aplikasi pendeteksi gempa bumi adalah EarthQuakes. Untuk memasang aplikasi ini Anda bisa mencarinya di play store secara gratis alias tidak berbayar.

Sumber informasi adanya gempa bumi di EarthQuakes bisa dipastikan sangat akurat, karena sumbernya berasal dari USGS (United States Geological Survey), EMSC (European-Mediterranean Seismological Centre), Naturan Resources Canada, Geoscience Australia, British Geological Survey serta Japan Meteorologi Agency.

# Earthquake Alert!

Aplikasi pendeteksi gempa bumi yang satu ini bisa dikatakan paling terkenal dan banyak diunduh di toko aplikasi. Earthquake Alert! mudah digunakan dan bisa dikatakan sangat akurat, karena tidak akan memperlihatkan titik pusat gempa yang ditunjukkan pada Google Maps.

Fitur yang ada di dalam aplikasi ini, bisa memberitahukan kita adanya gempa dengan menampilkan waktu, jarak, sampai kekuatan gempa yang terjadi. Pengguna juga dapat memperbaharui informasi setiap 15, 30 sampai 1 jam. Sehingga pengguna akan dikabari jika ada gempa yang baru saja terjadi.

# My Earthquake Alerts

Jika Anda memasang aplikasi ini jangan heran saat dibuka akan terlihat sederhana. Tapi jangan salah kalau aplikasi My Earthquake Alerts dibekali dengan fitur yang lumayan komplit dan menarik.

Tampilan aplikasi pendeteksi gempa bumi yang satu ini cukup simple atau sederhana yang dipadukan dengan menampilkan warna dasar merah.

Saat membuka aplikasi ini, Anda bakal disuguhkan update gempa bumi terbaru di seluruh negara. Bahkan, jika pengaturannya masih default, Anda dapat melihat list seratus gempa terakhir plus peta serta tanda tempat kejadiannya.

# Info BMKG

Aplikasi Android ini dari namanya pasti dibuat oleh BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika).

Tidak jauh berbeda dengan yang ditampilkan di website BMKG, aplikasi ini tidak hanya menyuguhkan gempa bumi saja, tapi juga informasi tentang prakiraan cuaca yang datanya diupdate setiap jam. Dan informasi tersebut tentu bersumber dari BMKG. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...