Bahan Ini Bisa Dijadikan Obat Flu Alami yang Terbukti Mujarab

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Flu merupakan penyakit langganan atau kambuhan yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Biasanya orang yang terkena gejala flu mengatasinya langsung dengan minum obat generik yang didapat dari warung atau apotek. 

Sebenarnya ada yang lebih aman yaitu dengan menggunakan obat flu dari bahan alami, ketimbang minum obat generik. Obat flu alami ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan dengan cepat.

Berikut ini obat flu alami yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.  

# Jahe

Jahe bisa menjadi obat flu alami karena dapat memberikan rangsangan ke sistem kekebalan tubuh untuk lebih maksimal. Bukan hanya itu saja, jahe bisa menghangatkan tubuh yang sedang meriang serta mencegah mual.

Untuk lebih efektif bisa dicampur dengan minuman teh. Cara membuatnya, jahe direbus sampai dua puluh menit, setelah itu air hasil rebusan jahe itu dicampur dengan teh.

# Madu

Madu mempunyai sifat antibakteri serta antivirus termasuk virus yang menyebabkan flu. Ternyata batuk yang biasanya ‘mengikuti’ flu gajalanya bisa diredakan dengan meminum madu.

Madu juga bisa dicampurkan dengan jahe. Tidak sulit cara membuatnya, cukup parut jahe yang ukurannya 1 sampai 2 inci kemudian masukkan kedalam air yang sedang direbus, lalu tambahkan satu sendok madu. Anda bisa meminumnya 2 kali sehari sebelum tidur.

# Air garam

Lendir yang diproduksi karena flu serta batuk bisa membuat saluran pernapasan menjadi tidak normal dan membuat dada serta paru-paru sakit. Untuk itu, membersihkan lendir tersebut bisa dengan kumur-kumur menggunakan air garam.

Umumnya orang akan meminum obat batuk sirup atau cair untuk membersihkan lendir yang ada di tenggorokan, supaya tenggorokan lega dan tidak sakit. Padahal ada cara yang lebih alami yaitu dengan air garam. Caranya, setengah sendok teh garam dituangkan ke dalam satu gelas air hangat. Setelah itu Anda kumur-kumur menggunakan air tersebut. Untuk hasil maksimal lakukan sebanyak 4 kali.

# Sup ayam dan bawang putih

Di dalam bawang putih terdapat kandungan kimia alami yang bisa mengaktifkan sel antibodi tubuh serta melawan virus penyebab flu. Supaya lebih efektif menyembuhkan flu, bawang putih bisa diolah atau dicampurkan ke dalam sup ayam.

Pasalnya, di dalam daging ayam terutama bagian dada terdapat zat carnosine yang manfaatnya untuk menghilangkan gejala flu.

Selain itu, perpaduan antara bawang putih dengan sup ayam yang hangat bisa melawan virus penyebab flu serta melegakan hidung yang sedang mampet akibat lendir.

# Kunyit

Antioksidan kuat yang ada di dalam kunyit bisa sebagai obat flu alami. Untuk hasil yang lebih efektif, bisa mencampurkan kunyit dengan susu atau madu.

Cara membuatnya, setengah sendok teh kunyit bubuk dicampurkan dengan air susu hangat atau 100 gram madu, dan kemudian diminum sebelum tidur. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA