Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita CiamisBantuan Pemkab Ciamis tak Kunjung Datang, Warga Swadaya Bangun Rumah Mak Anti

Bantuan Pemkab Ciamis tak Kunjung Datang, Warga Swadaya Bangun Rumah Mak Anti

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Rumah milik Mak Anti, warga Dusun Desakulon, RT 04, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, dirobohkan warga. Langkah itu terpaksa diambil lantaran kondisi rumah Mak Anti sudah sangat memprihatinkan dan bantuan dari Pemkab Ciamis tak kunjung datang.

Namun begitu, warga Dusun Desakulon kompak memberikan bantuan tenaga dan menggalang dana secara swadaya untuk membangun kembali rumah untuk Mak Anti.

Yayat Hidayat, warga setempat, ketika ditemui Koran HR, Senin (24/09/2018),  membenarkan, rumah Mak Anti terpaksa dirobohkan karena warga khawatir rumah yang sudah rusak itu sewaktu-waktu mencelakai Mak Anti.

“Kami (warga) khawatir tiba-tiba rumah itu ambruk dan mencelakai Mak Anti. Soalnya, hampir semua kayu penyangga sudah patah akibat lapuk. Dan kami sepakat merobohkannya dan membangunnya kembali,” kata Yayat.

Senada dengan  itu, Uyo, warga lainnya, Senin (24/09/2018), mengungkapkan, selama ini Mak Anti hidup sebatang kara. Kerabat dan masyarakat yang tinggal berdekatan sangat peduli kepada Mak Anti.

“Terlebih, bantuan dari pemerintah tidak kunjung datang, sedangkan Mak Anti sangat membutuhkan. Kami khawatir dan merasa kasihan melihatnya, sehingga kami sepakat membangun kembali rumah Mak Anti melalui swadaya dan gotong-royong,” katanya.

Ketua RT 04, Dudung, ketika ditemui Koran HR, Senin (24/09/2018), menambahkan, warga sepakat merobohkan dan membangun kembali rumah Mak Anti karena Pemerintah Kabupaten Ciamis belum juga merealisasikan usulan program dari warga.

“Padahal, proposal pengajuan untuk perbaikan rumah Mak Anti sudah dikirim ke Pemkab Ciamis. Dan sampai sekarang belum ada tindaklanjutnya,” kata Dudung. (Dji/Koran HR)