Bersolek Diri, Taman Bunga Anggrek Di Situ Mustika Kota Banjar

Taman Bunga Anggrek Situ Mustika kota Banjar. Foto: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Revitalisasi objek wisata Situ Mustika kota Banjar terus dilakukan, salah satunya dengan pembangunan taman bunga anggrek, agar nantinya dapat menjadi destinasi wisata alam terasri di Priangan Timur.

Penambahan sejumlah wahana akan terus dilakukan untuk semakin menyedot pengunjung wisatawan yang ingin menikmati keasrian objek wisata Situ Mustika, terletak dilingkungan Katapang, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.

CV Garden Konsultan Indonesia dalam konsep penambahan wahana di Situ Mustika, menjanjikan akan menata dan menambah objek wisata alam lebih bagus dari yang pernah ada diwilayah Priangan Timur.

“Pada tahap awal kami telah membangun taman bunga anggrek yang indah dipandang instagramable dan tentunya sangat tepat untuk berselfie. Setelah itu kami akan membangun caffe, kebun binatang mini, taman air mancur serta wahana untuk selfie lainnya,” jelas Wawan Koswara, Pimpinan CV. Garden Konsultan Indonesia kepada HR Online, Minggu (07/10/2018).

Selain penambahan wahana,  lanjut Wawan pihaknya akan melakukan pelebaran akses masuk ke wahana Situ Mustika, agar kendaraan besar seperti bus dan lainnya dapat leluasa masuk.

“Pelebaran jalan masuk sudah kami konsep secara matang dalam rancang bangun. Hal itu ditujukan agar wisatawan bisa leluasa memasuki kawasan wisata di bukit Babakan ini,” tambahnya.

Sementara itu, pengelola Situ Mustika, Deni (50) mengatakan, pembangunan revitalisasi objek wisata alam ini akan rampung pada akhir tahun 2018, dan akan diresmikan pada gelaran malam tahun baru 2019 mendatang. “Awal tahun 2019 Situ Mustika sudah menjadi objek wisata alam terbaru di Priangan Timur,” katanya.

Pengelola Situ Mustika lainnya, Hermadi (39) mengatakan, dilakukannya revitalisasi Situ Mustika dikarenakan rasa keprihatinan terhadap potensi daerah, khususnya yang berkaitan degnan objek wisata.

“Potensi wisata Situ Mustika kian hari semakin memprihatinkan, sementara sumber daya alam ekowisata ini berada pada jalur lalu lintas perekonomian nasional,” ucapnya.

Berdasarkan kesepakatan musyawarah dengan masyarakat sekitar dengan Perum Perhutani,untuk menghidupkan kembali objek wisata Situ Mustika yang telah lama mati suri.

“Situ Mustika bisa menjadi icon wisata kota Banjar di masa mendatang. Dan juga berada di gerbang perbatasan provinsi Jabar dan Jateng, serta berada dalam jalur wisata ke objek wisata pantai Pangandaran. Jadi wisatawan dapat dengan mudah menjangkau lokasi wisata dengan keunggulan letak geografisnya,” tambah Hermadi.

Keunggulan Situ Mustika yaitu memiliki pemandangan hutan pinus yang terpadu dengan danau alamiah yang akan ditata semakin cantik dan rapih. Dan bisa menjadi wisata edukasi serta wahana bermain anak. “Setelah selesai penataan maka objek wisata ini akan berubah nama menjadi Taman Anggrek Situ Mustika,” ujarnya.

Sementara itu, Entin (51) warga Purwaharja mengaku senang dengan revitalisasi objek wisata Situ Mustika menjadi lebih bagus dan modern.

“Situ Mustika bersolek semakin ciamik, maka kami sekeluarga kalau berwisata alam tidak perlu jauh-jauh keluar kota. Selain itu, diharapkan sektor wisata juga bisa menambah pendapatan ekonomi bagi warga sekitar,” harapnya. (Hermanto/R1/HR-Online)