Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita TerbaruBisa Dicoba, Ini Cara Menyembuhkan Flu dalam Sehari

Bisa Dicoba, Ini Cara Menyembuhkan Flu dalam Sehari

Terserang flu memang tidak membahayakan, namun penyakit ini bisa membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu dan tidak fokus. Selain itu, flu juga dapat membuat tidur tidak nyaman, sehingga ingin rasanya cepat-cepat sembuh supaya semuanya kembali berjalan lancar.

Flu merupakan penyakit kambuhan yang sewaktu-waktu bisa menyerang kembali. Bahkan untuk sembuh dari serangan penyakit ini ada yang mencapai beberapa hari atau seminggu.

Tidak usah takut, karena kini ada cara menyembuhkan flu dalam sehari, sehingga tidak perlu menunggu beberapa hari. Cara tersebut dapat menyembuhkan dan membebaskan dari flu serta ingus atau lendir yang menyiksa.

Berikut ini cara menyembuhkan flu dalam sehari yang HR Online kutip dari berbagai sumber.

# Mandi dengan air hangat

Mandi menggunakan air hangat menjadi obat untuk yang sedang tidak enak badan, flu atau pilek yang disertai batuk. Saat mandi, pori-pori kulit akan membuka, kemudian biarkan air hangat tersebut masuk ke dalam yang nantinya bisa membangkitkan kesehatan.

Bisa juga dengan merendamkan kaki di air hangat beberapa menit hingga badan dirasakan enak.

# Semburkan uap ke wajah

Flu bukan hanya bisa membuat ingus keluar, tapi juga menyumbat hidung yang pastinya bisa mengakibatkan stres serta sakit kepala. Supaya hidung kembali lega dapat dengan cara menguapi wajah.

Siapkan terlebih dulu air panas tapi jangan terlalu panas di dalam baskom besar, beri air tersebut beberapa tetes mint. Setelah semuanya siap dekatkan wajah ke baskom tersebut. Biarkan uap tersebut mengenai kulit wajah sampai beberapa menit, karena dengan uap air hangat tersebut bisa melembabkan saluran di dalam hidung, sehingga mengurangi iritasi dan melegakan perpanasan. Bukan hanya itu, efek menenangkannya juga bisa mengurangi flu.

# Banyak minum air putih

Yang terjadi saat terkena pilek yaitu kurangnya cairan di dalam tubuh. Sehingga untuk mengisi kembali cairan tersebut bisa dengan minum air putih yang banyak. Dengan banyak minum air putih, bisa menekan/mengurangi produksi lendir atau ingus, dan menghilangkan racun pemicu flu.  

# Pijat wajah

Flu yang membuat hidung tersumbat serta sakit kepala bisa diatasi dengan melakukan pijat wajah akupresur. Pijat yang dilakukan hanya beberapa menit tersebut bisa membersihkan rongga hidung.

Selain pijat di bagian wajah, Anda juga bisa melakukan pijat di bagian punggung. Sebelum melakukan hal tersebut, terlebih dulu mandi dengan air hangat.

# Minum obat

Orang biasanya akan langsung minum obat jika sudah ada gejala-gejala flu. Apabila ingin minum obat flu, carilah yang di dalamnya terkandung dekongestan. Kandungan tersebut bisa melegakan perpanasan karena hidung yang tersumbat, dan menekan produksi lendir.  

Atau bisa juga mengonsumsi suplemen zinc. Suplemen tersebut jika diminum saat gejala flu muncul, diklaim bisa mengurangi tingkat keparahan penyakit tersebut dalam waktu 24 jam. Tapi alangkah baiknya supaya aman konsultasi terlebih dulu dengan dokter.

# Istirahat

Jika salah satu tips di atas sudah dilakukan, maka cara menyembuhkan flu dalam sehari yang terakhir adalah dengan istirahatkan tubuh dan jauhkan dari pikiran yang bisa membuat Anda stres.

Istirahat yang banyak bisa menjaga virus supaya tidak makin berkembang, serta antibodi atau sistem kekebalan tubuh semakin kuat sehingga bakal melindungi tubuh Anda dari serangan virus penyebab flu. (Adi/R5/HR-Online)