Bupati Berikan Bantuan ke Korban Gempa dan Tsunami Sulteng

Bupati Ciamis saat memberikan bantuan kepada korban gempa dan tsunami Sulteng di Pendopo Ciamis. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bupati Ciamis, H Iing Syam Arifin, menyambut empat keluarga korban selamat asal Ciamis dari gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah di Pendopo Ciamis, Kamis (18/10/2018).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, empat korban tersebut di antaranya Harun Saepudin, pedagang asal dari Dusun Gadog, Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti. Asep Saepulloh, PNS asal Dusun Baketrak, Desa Cihaurbeuti. Arif Saeful Bahri, pedagang asal Dusun Gadog, Desa Sukahurip, Kecamatan Cihaurbeuti dan Kustoyo, pedagang asal Dusun Lingkarjati Desa Sindangrasa, Kecamatan Ciamis.

Saat dimintai keterangan oleh HR Online, Bupati Ciamis mengaku berduka dengan adanya musibah alam di Palu dan Donggala, Sulteng. Ia juga merasa senang karena warganya bisa selamat dan pulang kembali ke Ciamis.

“Saya pasti akan kasih bantuan ke siapapun yang merupakan korban gempa dan tsunami di Palu, asalkan mau melapor ke Pemerintah Ciamis. Jika mereka sudah siap mental untuk kembali ke sana, kita juga akan fasilitasi,” kata Iing.

Sementara itu, Kustoyo, salah satu korban, menyampaikan kegembiraannya bisa pulang kembali ke Ciamis dengan selamat. Saat di Palu, kata ia, Kustoyo bersama korban lainnya berada di pengungsian selama berhari-hari menunggu kedatangan pesawat yang akan mengevakuasi warga dari luar palu untuk kembali ke daerah asalnya.

“Alhamdulillah pada waktu itu ada pesawat Hercules datang dan akan ke Jakarta untuk mengevakuasi korban gempa dan tsunami. Berkat bantuan pemerintah, saya bisa ikut di dalamnya dan bisa pulang ke Ciamis,” jelasnya.

Ia mengatakan, di Palu masih banyak warga Ciamis yang masih bertahan. Mereka didominasi warga yang transmigrasi dan masih bertahan di Palu dan Donggala. (Fahmi/R6/HR-Online)