Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita BanjarCamat di Banjar Bakal Dapat Mobdin Baru

Camat di Banjar Bakal Dapat Mobdin Baru

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Di akhir tahun 2018 nanti, para Camat di Banjar bakal mendapatkan mobil dinas (mobdin) baru, yakni mobil jenis Daihatsu Terios atau Toyota Rush keluaran terbaru. Mobil baru itu nantinya menggantikan mobil dinas lama, Toyota Avanza, hasil pengadaan tahun anggaran 2008-2009.

Dengan mobil dinas baru tersebut, maka nantinya jabatan Camat di Banjar tidak akan kalah kewibawaannya oleh para kepala desa dan Lurah yang sejak lima tahun terkahir ini menggunakan mobil dinas jenis Suzuki Ertiga.

Terkait dengan hal itu, Kepala Bagian Umum Setda Kota Banjar, Wawan Gunawan, membenarkan, bahwa rencana pengadaan mobil dinas baru bagi Camat dari APBD perubahan 2018 senilai Rp 1 miliar, untuk pembelian 4 unit Daihatsu Terios atau Toyota Rush.

“Fasilitas mobdin yang digunakan para Camat saat ini memang sudah tidak layak atau sudah lama, yakni dari pengadaan antara tahun 2008-2009. Jadi nanti Camat bakal memakai mobil Daihatsu Terios atau Toyota Rush, sehingga  tak akan kalah dengan kades atau Lurah,” ujar Wawan, saat ditemui Koran HR di ruang kerjanya, Senin (08/10/2018).

Dia juga menjelaskan, bahwa jabatan Camat sejajar dengan eselon III. Maka sudah sewajarnya mobil dinasnya pun harus lebih bagus dari kades/Lurah. Namun memang jenis kendaraan atau merk mobilnya yang akan dibeli belum pasti, cuma yang diajukan kemungkinan antara Daihatsu Terios atau Toyota Rush, atau disesuaikan dengan anggaran Rp1 miliar.

Terlebih proses pengadaannya atau Rencana Umum Pengadaannya (RUP) belum disusun oleh ULP, karena anggaran perubahan baru diketok. Tapi yang jelas, kata Wawan, anggaran sebesar Rp 1 miliar itu untuk pembelian 4 unit mobil, ternasuk di dalamnya untuk biaya umumnya (BU).

Sedangkan, mobil dinas Camat yang lama, nantinya akan ditarik terlebih dahulu oleh DPPKA, dan selanjutnya bila masih laik digunakan akan diserahkan kepada pejabat kantor dinas lain yang membutuhkan. Atau bisa saja untuk mobil dinas Sekretaris Camat.

“Soal mobdin Camat yang lama mau dikemanakan, tentu itu kewenangannya ada pada Bidang Aset melalui petunjuk perintah Sekda. Kami juga berharap, dengan diberikannya fasilitas kendaraan dinas baru, nantinya kinerja para Camat bisa menjadi lebih semangat dalam menjalankan tugas-tugas kewilayahan pemerintahannya,” tandas Wawan. (Nanks/Koran HR)

- Advertisment -

Berita Terbaru