Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membersihkan Karpet Menggunakan Bahan Alami, Praktis & Murah

Cara Membersihkan Karpet Menggunakan Bahan Alami, Praktis & Murah

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Cara membersihkan karpet secara manual bisa menjadi pilihan Anda saat bersih-bersih fasilitas rumah. Karpet merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang biasanya dijadikan alas pada lantai.

Namun, merawat karpet memang butuh penanganan yang lebih khusus. Tapi bukan berarti hal ini sulit untuk dilakukan sendiri. Karena sebetulnya ada cara membersihkan karpet secara manual dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Selain lebih aman lantaran tidak mengandung bahan kimia, membersihkan karpet menggunakan bahan-bahan alami juga dapat menghemat pengeluaran Anda.

Bahan-bahan yang dibutuhkan cukup mudah ditemukan, dan cara membuatnya pun terbilang praktis. Dengan melakukan cara ini, Anda pun sudah bisa memiliki pembersih karpet sendiri.

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (28/10/2018), berikut ini beberapa bahan yang dibutuhkan, serta cara pembuatannya:

Bahan-bahan pembersih karpet

Gelas ukur, Sendok, Blender, Sikat, Vacuum cleaner. Kemudian, untuk bubuk pembersihnya meliputi; 2 cangkir soda kue, 1/2 mangkok tepung kanji jagung, 1/2 cangkir tepung jagung, 1 sendok makan boraks, 1 sendok teh kayu manis, serta 2-3 daun salam kering.

Cara pembuatannya

Masukkan semua bahan bubuk pembersih ke dalam blender. Semua bahan tersebut diblender agak lama supaya mendapatkan hasil yang sangat halus. Pastikan juga daun salam benar-benar sudah menjadi serbuk halus. Lalu, masukkan semua bahan yang telah diblender itu ke dalam wadah kaca yang bisa ditutup rapat.

Selenjutnya, taburkan campuran bubuk pembersih karpet hingga merata. Perhatikan juga agar jangan sampai terkena air, karena nantinya malah akan membuat karpet menjadi kotor.

Setelah itu, diamkan serbuk pembersih karpet dalam jangka waktu yang lama, lebih baik lagi diamkannya hingga semalaman. Kemudian, bersihkan bubuk pembersih yang sebelumnya sudah ditaburkan di atas karpet menggunakan vacuum cleaner, maka karpet Anda pun sudah bersih dan siap digunakan lagi. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -