Cara Mengaktifkan Fitur Baru WhatsApp “Picture in Picture” di Android

Cara Mengaktifkan Fitur Baru WhatsApp “Picture in Picture” di Android. Photo: Net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Fitur baru WhatsApp bakal segera hadir yang memungkinkan penggunanya bisa nonton video dari link platform lain. Fitur baru ini adalah Picture in Picture yang akan hadir setelah WhatsApp menyediakan update ke versi 2.18.301. Sebelumnya aplikasi chatting ini juga telah merilis versi pembaruan 2.18.234.

Dikutip dari WaBetaInfo, Kamis (04/10/2018), dengan fitur baru WhatsApp tersebut, Anda dapat memutar video yang di-hosting di YouTube, Instagram, Facebook, dan Streaming di WhatsApp.

Saat pengguna mengirim atau menerima tautan dari salah satu layanan berbagi video dari media social, maka pengguna dapat memutar langsung videonya di WhatsApp melalui Picture in Picture Mode.

Caranya, pengguna cukup mengetuk ikon putar (play), WhatsApp akan langsung menampilkan video dalam mode tersebut. Jadi, Anda bisa tetap menavigasi dalam obrolan ketika memutar video itu.

Namun sayangnya, Picture in Picture ini akan menghilang bila Anda beralih ke obrolan lain. Tepati hal ini tidak terjadi pada sistem operasi iOS, sehingga bagi pengguna Android diperkirakan bakal datang lagi pembaruan untuk memperbaiki masalah ini.

Walaupun diklaim sudah tersedia di Google Play, namun ternyata yang tersedia baru versi 2.18.293, mungkin untuk versi 2.18.301 tidak akan lama lagi.

WhatsApp Uji Coba Fitur Swipe to Reply di Android

Selain Picture in Picture Mode, belum lama ini WhatsApp juga telah merilis pembaruan versi 2.18.234 yang di dalamnya ditambahkan fitur Swipe to Replay (geser untuk membalas). Kemudian, menampilkan anggota grup lebih banyak dan latar belakang gelap/hitam.

Fitur WhatsApp ini memang sudah lama hadir di pengguna iOS, dan kabar baiknya kini WhatsApp juga sedang menguji coba untuk sistem operasi Android, yang mana fitur ini untuk mengutip dan membalas pesan dengan sekali geser.

Dikutip dari laman Ubergizmo, fitur ini belum secara resmi hadir karena masih ada dalam versi beta terbaru WhatsApp untuk Android di versi 2.18.300. Tapi belum diketahui kapan tepatnya fitur tersebut bakal dirilis di Play Store.

Memang dalam beberapa kasus, fitur tertentu yang terlihat di versi beta tidak selalu membuatnya dirilis ke publik. Seperti telah diketahui bahwa membalas pesan dengan mengutipnya bukan hal baru bagi WhatsApp.

Namun, untuk mengutip pesan untuk membalas, bagi pengguna Android harus mengetuk dan menahan pesan, serta menekan tombol balasan. Tapi sepertinya langkah ini jauh lebih lambat dibanding dengan hanya menggesernya.

Sebagai informasi, kabarnya WhatsApp juga bakal mendukung dukungan gambar-gambar untuk YouTube. Jadi, fitur ini pun bisa ditunggu oleh pengguna Android. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA