Cara Menghilangkan Jerawat dengan Timun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Timun. Photo: Ilustrasi.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Jerawat cukup sulit untuk dibasmi dan biasanya meninggalkan bekas jika diobati. Namun, ada cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami yang mudah kita dapatkan, seperti halnya mentimun.

Bahan alami ini dipercaya mampu mengusir jerawat maupun kulit beruntusan akibat jerawat. Selain mengatasi masalah jerawat, mentimun juga dapat digunakan untuk mencerahkan warna kulit.

Seperti diketahui bahwa jerawat muncul disebabkan oleh debu dan kotoran yang menumpuk pada bagian kulit. Produksi minyak berlebih dan sel kulit mati juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat.

Sebagai bahan alami yang mempunyai efek menenangkan kulit iritasi, mentimun dapat menjadi alternatif untuk mengobati jerawat secara aman. Ada beberapa cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami ini, seperti yang rangkum HR Online berikut ini;

Toner mentimun

Untuk membuat toner mentimun sebagai obat jerawat, pertama-tama siapkan seperempat porsi potongan mentimun yang sudah dikupas, dua sendok makan sari tanaman witch hazel dan dua sendok makan air.

Selanjutnya, tumbuk/gerus mentimun sampai permukaannya halus seperti jus dan masukkan ke dalam mangkuk. Tapi jangan lupa singkirkan dulu ampasnya. Kemudian, tambahkan air lalu aduk hingga merata.

Setelah itu, tambahkan witch hazel, aduk lagi sampai merata, dan masukkan ke dalam botol semprot, simpan di lemari es. Toner mentimun ini bisa kamu aplikasikan menggunakan bola kapas pada wajah.

Masker mentimun

Untuk membuat masker mentimun, terlebih dahulu kamu siapkan setengah mentimun yang sudah dipotong, satu sendok makan teh madum dan satu sendok makan yoghurt. Lalu, gerus potongan mentimun, kemudian campurkan dengan yoghurt sampai berbentuk pasta. Tambahkan juga madu, lalu aduk hingga merata.

Aplikasikan pasta mentimun itu pada leher dan wajah, setelah itu diamkan selama 20 menit lalu bilas. Tapi sebelum mengaplikasikan masker mentimun ini, jangan lupa cuci wajah dulu dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini seminggu dua kali.

Jus mentimun

Pengobatan dengan cara ini kamu cukup menyiapkan satu buah mentimun, kemudian kupas lalu potong menjadi bagian kecil sebelum dimasukkan ke dalam blender. Haluskan potongan mentimun itu dan masukkan ke dalam gelas.

Cara mengaplikasikannya ke wajah, ambil bola kapas lalu celup ke dalam jus mentimun. Selain itu, kamu juga bisa mengaplikasikan pada area tertentu yang paling sering ditumbuhi jerawat. Sebelum membilasnya dengan air dingin, pijat lembut wajah selama 5-10 menit.

Itulah tips menghilangkan jerawat dengan menggunakan mentimun yang bisa kamu lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA