Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariDi Kertahayu Ciamis, Puluhan Warga Antri Air Bersih yang Disalurkan BPBD

Di Kertahayu Ciamis, Puluhan Warga Antri Air Bersih yang Disalurkan BPBD

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Puluhan warga antri air bersih yang disalurkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, ke Dusun Kertaharja, RT. 027/007, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (15/10/2018).

Penyaluran air bersih yang didistribusikan BPBD Ciamis sebanyak 4000 liter itu langsung ludes diserbu warga setempat. Warga pun mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan tersebut. Karena, kemarau panjang yang terjadi saat ini membuat mereka kesulitan air bersih.

Seperti diungkapkan Nono, salah seorang warga, kepada HR Online, saat dijumpai tengah menganteri untuk mendapatkan bantuan air bersih dari BPBD.

“Ya, di sini warga antri air bersih yang disalurkan oleh pemerintah kabupaten. Meski begitu, kami di sini sangat gembira, sebab sekarang ini kondisi air bersih sangat sulit untuk kita dapati. Kami juga berharap pemerintah bukan hanya satu kali ini saja mengirimkan bantuan air bersihnya,” kata Nono.

Senada diungkapkan Tepin, warga setempat lainnya, bahwa bantuan air bersih yang disalurkan saat ini sangat tepat. Karena selama musim kemarau ini warga mengeluhkan sulitnya untuk mendapatkan air bersih.

“Pengiriman bantuan ini baru pertama kali ke sini, padahal warga di sini sudah lama dilanda krisis air bersih. Saya sangat berharap pengiriman ini terus dilakukan, mengingat kami di sini benar-benar sangat membutuhkan,” ungkap Tepin.

Sementara itu, Kepala Desa Kertahayu, Saepudin, di dampingi Kepala Dusun Tamansari, Kusnadi, membenarkan, bahwa pengiriman air bersih untuk wilayah Kertaharja adalah pengiriman yang pertama kali untuk wilayah Desa Kertahayu.

“Selama musim kemarau kali ini, baru sekarang Pemkab Ciamis mendistribusikan air bersih untuk warga kami. Mudah-mudahan pengiriman ini bisa bermanfaat bagi warga kami. Perlu diketahui pula bahwa di wilayah Kertaharja ini ada sekitar 85 KK yang mengalami kekurangan air bersih,” kata Saepudin. (Suherman/R3/HR-Online)