Dijamin Ampuh, Ini Cara Menghilangkan Ketombe dengan Alami

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Bagi wanita rambut adalah mahkota yang paling berharga. Sehingga jika ada yang salah dengan rambut tentu akan merusak penampilan.

Salah satu yang merusak penampilan tersebut yaitu adanya ketombe. Terlebih saat memakai pakaian dengan warna hitam, sudah pasti ketombe yang ada di pakaian tersebut bakal kelihatan dengan jelas, sehingga menghilangkan rasa percaya diri.

Ketombe yang biasanya berwarna putih ini adalah kulit kepala mati yang kemudian menjadi kering lalu mengelupas. Meski sudah tidak aneh jika rambut ada ketombenya, namun untuk beberapa orang yang mementingkan penampilan tentu bisa mengurangi rasa percaya diri.

Memang saat ini sudah banyak produk-produk shampo anti ketombe. Hasilnya malah bertambah ketombenya, pasalnya shampo yang dipakai tidak cocok dengan kulit kepala. Namun memang ada yang hilang tapi muncul kembali ketombe tersebut.

Untuk Anda yang mengalami masalah ketombe, padahal sudah mencoba menghilangkannya dengan shampo tapi hasilnya nihil, nah berikut ini cara menghilangkan ketombe yang ampuh dengan alami, yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Jeruk nipis

Buah yang satu ini banyak mengandung vitamin C, B1, B2, B3, B5, asal folat dan lain sebagainya. Dengan adanya vitamin C yang ada di jeruk nipis dapat menstimulan pertumbuhan akar rambut. Sehingga rambut menjadi tebal, dan juga dapat membasmi ketombe.

Caranya tidak sulit, pertama jeruk nipis diperas kemudian campur dengan air, setelah itu oles ke rambut seperti keramas memakai shampo. Jangan langsung dibilas, tapi tunggu supaya air jeruk nipis tersebut menyerap sampai ke kulit kepala.dan langkah terakhir bilas menggunakan air sampai bersih.

# Lemon

Selain menggunakan jeruk nipis, cara menghilangkan ketombe dengan alami juga bisa memakai lemon. Bahkan lemon ini juga dapat mengatasi rambut rontok. Untuk cara serta langkahnya tidak berbeda dengan apa yang dilakukan dengan memakai jeruk nipis.

# Bawang merah

Orang tua zaman dulu sering memberikan bawang merah yang sudah ditumbuk ke kapala bayi. Ternyata melakukan hal tersebut ada manfaatnya, yaitu melebatkan rambut dan juga membasmi ketombe yang membandel.

Jika Anda ingin menghilangkan ketombe pada kepala, langkah pertama siap terlebih dulu bawang merah kemudian kulitnya dikupas dan dihaluskan. Setelah halus, oleskan dengan rata ke kulit kepala seperti halnya menggunakan shampo. Biarkan terlebih dulu sampai beberapa menit lalu setelah itu dibilas dengan air.

# Baking soda

Cara menghilangkan ketombe yang satu ini memang sedikit nyeleneh. Bagaimana tidak, baking soda dijadikan ‘obat’ untuk membasmi ketombe. Meski aneh, tapi ada benarnya. Ketombe yang ada di kepala bisa hilang dengan cepat dan tidak bakalan kembali lagi.

Lantas bagaimana caranya, yang pertama sediakan baking soda sebanyak 1/2 sendok teh, lalu larutkan dengan air sampai mengental. Setelah itu mengoleskannya pada rambut atau kulit kepala sampai rata, dan diamkan sebentar kemudian dibilas sampai bersih menggunakan air

Meski bisa dikatakan ampuh, namun sebaiknya tidak dianjurkan untuk terlalu sering serta banyak memakai baking soda untuk menghilangkan ketombe yang membandel.  

# Garam

Cara lainnya bisa dengan menggunakan garam. Bumbu masakan yang biasa ada di dapur ini sangat mujarab membasmi ketombe dengan permanen. Pasalnya, garam bersifat scrub yang bisa mengangkat kulit mati di kepala.

Caranya sangat mudah, siapkan garam kemudian gosok ke kulit kepala, lalu diamkan beberapa saat dan bilas menggunakan sampai bersih.

# Lidah buaya

Cara menghilangkan ketombe dengan alami yang terahhir yaitu menggunakan lidah buaya. Bahan yang satu ini memang sudah tidak aneh jika dipakai untuk rambut. Pasalnya, dengan kandungan vitamin A, B1, serta C, kemudian karbohidrat, protein dan lainnya bisa menjadikan rambut menjadi bersinar, menguatkan akar rambut sehingga mengatasi kerontokan, serta mujarab membasmi ketombe secara permanen.

Untuk caranya, daging lidah buaya yang sudah disiapkan tersebut dihaluskan, lalu oleskan pada kulit kepala sampai rata. Pijit secara lembut supaya lidah buaya menyerap sampai kulit. Diamkan sampai kurang lebih setengah jam, dan setelah itu dibilas sampai bersih. (Adi/R5/HR-Online)