Ditemukan Botol Bau Bahan Bakar, Rumah di Pangandaran Ini Diduga Ada yang Membakar

Rumah milik Ika, warga Dusun Padasuka RT 02/RW 17 Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, ludes terbakar, Kamis (11/10/2018) sekitar pukul 04.00 WIB dini hari tadi. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sebuah rumah milik Ika, warga Dusun Padasuka RT 02/RW 17 Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, ludes terbakar, Kamis (11/10/2018) sekitar pukul 04.00 WIB dini hari tadi. Rumah yang bangunannya terbuat dari bambu dan berdinding bilik itu diduga sengaja dibakar oleh orang tak dikenal. Pasalnya, di belakang rumah ditemukan botol berbau bahan bakar jenis minyak tanah.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah (DPKPBD) Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, menduga ada yang sengaja membakar rumah korban. Karena, menurutnya, ditemukan bekas botol bau bahan bakar jenis minyak tanah di belakang bangunan yang hangus terbakar tersebut.

“Tapi ini baru dugaan sementara. Dan hal itu berdasarkan temuan botol yang berbau minyak tanah. Karena bisa saja pemilik rumah menyimpan minyak tanah di dapurnya untuk keperluan memasak, misalnya. Untuk memastikan penyebab kebakaran, kita serahkan saja kepada pihak kepolisian,” ujarnya, kepada HR Online, Kamis (11/10/2018).

Nana menambahkan, dari keterangan sejumlah tetangga korban, sebelum terjadi kebakaran mereka mencium bau hangus dari belakang rumah korban. Tak lama berselang, tiba-tiba muncul api yang membakar rumah korban.

“Warga yang tengah tertidur pulas pun langsung berhamburan ke luar rumah. Mereka mencoba melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Namun, karena bangunan rumah sebagian besar terbuat dari kayu dan ditambah tiupan angin yang cukup kencang, akhirnya rumah dengan cepat terbakar,” ujarnya.

Menurut Nana, rumah milik Ika itu sudah empat 4 bulan tidak ditempati oleh pemiliknya. Saat terjadi kebakaran pun kondisi rumah tengah dalam keadaan kosong. “Jadi, kalau penyebab kebakaran disebabkan dari tangku atau korsleting listrik tentunya tidak mungkin karena kondisi rumah sedang kosong. Makanya, setelah ditemukan botol berbau bahan bakar, kami menduga rumah ini ada yang sengaja membakar,” ungkapnya.

Sementara itu, petugas pemadam kebakaran (BPBD) yang diterjunkan ke lokasi berhasil menjinakan api kurang lebih sekitar setengah jam. Akibat kebakaran ini pemilik rumah ditaksir mengalami kerugian sekitar belasan juta. (Ntang/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA