DPR RI Komisi 1 Dorong Kominfo Bangun Akses Internet di Langkaplancar Pangandaran

Diskusi dan sosialisasi Redesain Uso pembangunan Infrastruktur dan ekosistem IT dalam pemanfaatan Internet untuk kesejahteraan bangsa. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kementrian Komunikasi dan Informatika RI bersama Anggota DPR RI Komisi 1 menggelar diskusi dan sosialisasi Redesain Uso pembangunan Infrastruktur dan ekosistem IT dalam pemanfaatan akses internet untuk kesejahteraan bangsa. Kegiatan tersebut digelar bersama masyarakat Pangandaran di salah satu Aula Hotel yang ada di Pangandaran, Jum’at(26/10/2018).

Kepala Divisi SDM Humas Bakti Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Ari Soegeng Wahyuniarti, mengatakan, acara ini dalam rangka sosialisasi Redesain Uso dalam program Bakti, yaitu apabila sudah terbangun infrastruktur, baru membangun ekosistem IT-nya. Hal itu dalam rangka untuk memanfaatkan Internet untuk kesejahteraan masyarakat.

“Pengguna internet di Indonesia ada sekitar 53 persen. Ini sangat bagus bagaimana upaya mewujudkan Indonesia menjadi “The Digital Energy of Asia”, itu yang menjadi fokus Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam peningkatan sektor ekonomi digital dimasyarakat,” jelas Ari Soegeng Wahyuniarti saat diwawancara HR Online, jum’at (26/10/2018) lalu.

Ari menambahkan, implementasi dari program tersebut yaitu diharapkan akses internet Wi-Fi untuk sekolah, Desa, Puskesmas dan lainnya agar bisa digunakan secara maksimal sebagai sarana peningkatan pendidikan dan ekonomi.

“Di daerah Pangandaran masih ada titik lokasi yang jangkauan internetnya minim, atas usulan dari anggota DPR RI mitra kami Komisi 1 akses internet Wi-Fi ini yang dibutuhkan untuk masyarakat,” kata Ari Soegeng.

Menurut Ari, jika fasilitas internet di suatu wilayah dapat dinikmati, maka ke depannya masyarakat bisa memanfaatkannya untuk melakukan bisnis online. Sehingga, dengan begitu masyarakat pun bisa lebih terbantu dalam bidang ekonominya. Ia menegaskan, jika memanfaatkan internet untuk hal yang baik-baik saja, bukan melakukan tindakan nakal atau jahat.

“Kalau digunakan hal-hal yang tidak baik, bisa laporkan langsung ke kami melalui situs resmi Kominfo, di sana ada kolom pengaduan. Silakan laporkan saja link-nya,” pungkas Ari.

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi 1, Budi Youyastri, mengatakan, permasalahan koneksi internet di daerah Pangandaran masih ada yang blank spot atau tidak ada jaringan internetnya walaupun masih bisa melakukan komunikasi via telepon. Melihat kondisi itu, ia mendorong agar Kominfo membangun akses internet di sana.

“Saya kira jika di suatu daerah akses Wi-Fi bagus, itu akan memudahkan masyarakat untuk mengembangkan bidang apa saja, seperti pendidikan, ekonomi serta bidang lainnya. Tinggal, kreatifitas masyarakat itu sendiri yang dibutuhkan. Kami yakin jika internet Wi-Fi sudah ada, masyarakat Pangandaran akan lebih pintar, dan bisa cari uang. Saya berharap internetnya sampai ke desa-desa, terutama yang titik kritikal di Langkaplancar. Tinggal dukungan dari Pemda-nya seperti apa, kita siap bantu,” pungkas Budi Youyastri. (Mad/R6/HR-Online)

Loading...