Goa Tunjang Barat Cigugur, Goa Paling Mewah di Pangandaran

Camat Cigugur, Erik Krisna Yudha saat masuk ke dalam goa. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Sebuah goa yang berada di Dusun Palumbungan, Blok Cisawah, Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran diyakini memiliki sejarah penyebaran agama islam. Goa yang bernama Goa Tunjang Barat dan Goa Cijaringo tersebut dikenal pada saat penyebaran agama islam tokoh KH. Khoer Affandi. Bahkan, goa tersebut diyakini goa paling mewah di Pangandaran.

Menurut Camat Cigugur, Erik Krisna Yudha, dua goa yang berada di wilayahnya itu berdasarkan berbagai sumber ditemukan pada tahun 1967. Goa Tunjang Barat juga dikenal memilikli keunikan tersendiri yang mana di dalamnya terdapat pelataran yang bisa dijadikan tempat peristirahatan, bahkan bisa menampung sebanyak 300 orang.

“Kondisi goa ini memang layaknya sebuah ruangan pertemuan, ada meja dan dipan yang jadi secara alami dari bahan batu. Goa ini panjangnya 300 meter dengan lebar 15 meter. Bisa jadi ini goa paling mewah di Pangandaran jika kita bandingkan dengan goa lain yang ada,” jelas Erik, Senin (15/10/2018) lalu.

Berdasarkan penuturan para ahli supranatural, Erik menjelaskan, bila di dalam goa tersebut masih tersimpan benda pusaka yang bersifat ghaib dan tidak bisa dilihat secara kasat mata.

“Goa ini tentunya sangat layak dijadikan tempat wisata lantaran keindahan dan kealamiannya. Dulu, tempat ini sering didatangi orang untuk bersemedi. Saya yakin ke depan goa ini bakal menarik wisatawan. Apalagi stalaktit batu yang dari bawah ke atas dan stalagnit batu dari atas ke bawah sangat artistik, sehingga jadi daya tarik tersendiri yang menjanjikan,” kata Erik.

Ia juga mamaparkan jika suatu waktu warga sekitar kerap dikejutkan dengan kejadian aneh yang berasal dari goa tunjang barat. Bahkan, belum lama ini pada malam Jum’at Kliwon dikabarkan ada cahaya yang terbang dan masuk ke dalam goa. Sehingga kejadian itu pun menjadi buah bibir warga. (Ceng2/R6/HR-Online)