Hari Cuci Tangan Pakai Sabun, Puskesmas Pamarican Ciamis Gelar Berbagai Lomba

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun, Puskesmas Pamarican Ciamis Gelar Berbagai Lomba. Photo: Suherman/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sedunia yang ke-11, Puskesmas Pamarican, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar berbagai lomba, Kamis (19/10/2018).

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Puskesmas Pamarican, dan dihadiri staf Bidang Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, dengan melibatkan seluruh kader Posyandu wilayah Pamarican, Camat, Kepala UPTD Pendidikan, serta puluhan anak SD/MI se-wilayah kerja Puskesmas Pamarican.

Kepala Puskesmas Pamarican, Tata Sudinta, mengatakan, dalam acara memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun ini, pihaknya bukan hanya mempraktekan secara langsung tentang cara cuci tangan yang baik, tapi juga berbagai kegiatan seperti senam serta lomba lainnya pun digelar.

“Dalam memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun ini, kita juga melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS, serta Refreshing Kader,” katanya, kepada HR Online, disela-sela kegiatan.

Selain praktek tata cara cuci tangan yang baik kepada para pelajar SD/MI di bawah wilayah binaannya, Puskesmas Pamarican juga melaksanakan kegiatan senam CTPS, serta lomba merangkai buah dan sayuran yang diikuti oleh para kader Posyandu wilayah binaannya.

“Alhamdulillah, acaranya berjalan dengan lancar, dan tentunya kegiatan ini diharapkan selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama di kalangan anak-anak sekolah yang rentan akan kesehatan dalam menjalani kegiatan hidupnya sehari-hari,” terang Tata.

Pantauan HR Online di lokasi kegiatan, selain para siswa SD/MI yang melakukan praktek CTPS, jajaran muspika Kecamatan Pamarican juga ikut andil dalam melaksanakan praktek tata cara cuci tangan yang baik. (Suherman/R3/HR-Online)