Hari Habitat Dunia, Komunitas Peduli Lingkungan di Banjar Bersihkan Sungai

Sejumlah komunitas peduli lingkungan di Banjar dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar, melakukan aksi bersih-bersih di Sungai Cibodas, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Jum'at (5/10/2018). Foto : Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka memperingati Hari Habitat Dunia (Word Habitat Day) yang jatuh pada tanggal 1 Oktober, sejumlah komunitas peduli lingkungan di Banjar dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar, melakukan aksi bersih-bersih sungai, Jum’at (5/10/2018).

Aksi bersih-bersih tersebut dilakukan di Sungai Cibodas, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Komunitas peduli lingkungan yang mengikuti aksi ini adalah komunitas Konci Lestari, komunitas Senja Pala, komunitas Peduli Sungai dan pasukan kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar.

Ketua panitia ’Gerakan Indonesia Bersih 2018’ sekaligus Ketua Konci Lestari, Tanto Supriatna mengatakan, bahwa tujuan dari kegiatan bersih-bersih sungai ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa menjaga kebersihan sungai ini sangat penting, hal ini supaya sungai tidak tercemar.

“Selain memperingati World Habitat Day atau Hari Habitat Dunia ini, kegiatan ini pun untuk mengajak kepada masyarakat supaya selalu menjaga kebersihan lingkungan, khususnya kebersihan sungai,” ucapnya.

Ia pun berharap, kegiatan ini jangan hanya sekali saja, namun harus terus berlanjut. “Karena di Kota Banjar ini masih sedikit orang yang peduli dengan kebersihan sungai,” katanya.

Dengan adanya komunitas-komunitas pencinta lingkungan di Banjar yang peduli kebersihan sungai, manurut Tanto seharusnya mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Banjar.

“Karena keberadaan komunitas-komunitas tersebut adalah salah satu penunjang keberhasilan Pemerintah Kota Banjar dalam meraih penghargaan Adipura sebanyak enam kali berturut-turut,” pungkasnya. (Hermanto/R5/HR-Online)