Hati-hati! Kebiasaan Ngupil Bisa Picu Masalah Kesehatan Serius yang Mematikan

Hati-hati! Kebiasaan Ngupil Bisa Picu Masalah Kesehatan Serius yang Mematikan. Photo: Net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Sejumlah penelitian mengungkap, kebiasaan ngupil bisa menyebabkan masalah kesehatan serius dan mematikan. Ngupil atau membersihkan kotoran di hidung memakai jari, sekilas memang tidak ada yang salah. Apalagi hidung akan terasa lebih lega lantaran tidak ada lagi kotoran yang menghambat jalannya pernapasan.

Tetapi, para ahli kesehatan menyebut kebiasaan ngupil bisa menyebabkan masalah kesehatan serius yang berakhir kematian. Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (27/10/2018), hal tersebut telah dibuktikan dalam sebuah studi yang dipublikasi European Respiratory Journal.

Berdasarkan hasil penelitian itu mengungkap, ngupil dapat menyebarkan bakteri penyebab pneumonia. Studi yang diselenggarakan oleh ilmuwan dari Liverpool School of Tropical Medicine, dengan melibatkan 40 orang partisipan itu meneliti bagaimana pneumonia bisa terjadi.

Sebanyak 40 orang partisipan dibagi ke dalam 4 kelompok yang dikondisikan untuk terkena bakteri, kemudian mengupil dengan tangan menggunakan jari yang berbeda.

Dalam penelitian tersebut menemukan ternyata bakteri berbahaya itu dapat menyebar melalui jari tangan yang dipakai untuk menyentuh atau menggosok hidung, juga termasuk dipakai untuk ngupil.

Sedangkan, laman lainnya menulis bahwa, ini adalah penelitian ilmiah pertama yang mengungkap terjadinya penularan pneumonia melalui jari yang telah terpapar bakteri, kemudian kontak langsung ke hidung. Penularan dengan cara ini lebih mudah terjadi dibandingkan melalui pernapasan.

Menurut ilmuwan utama dalam studi tersebut, Victoria Connor, MD, bahwa di seluruh dunia, infeksi bakteri pneumokokus banyak memicu kematian. Pada anak-anak, jumlah kematian yang dipicu oleh infeksi pneumokokus mencapai 1,3 juta per tahunnya.

Bahkan, akibat infeksi bakteri tersebut tak hanya pneumonia yang terjadi, namun juga penyakit sepsis dan meningitis. Dengan demikian, maka ilmuwan dalam studi tersebut menekankan pentingnya menjaga kebersihan tangan supaya terhindar dari infeksi berbagai bakteri pathogen, serta virus berbahaya lainnya.

Sementara itu, dokter dan ahli kesehatan, Nesochi Okeke-Igbokwe MD, menegaskan, jangan meremehkan potensi bahaya dari kebiasaan ngupil memakai jari yang kotor.

Karena, bahaya ngupil tidak hanya terjadi penularan bakteri pneumonia, tapi juga mimisan, serta infeksi pernapasan berulang. Selain itu, bisa juga menjadi penyebab perforasi septum nasal atau vestibulitis hidung, meskipun kasus ini jarang terjadi. (Eva/R3/HR-Online)