Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita CiamisHaul Raden Adipati Aria Kusumah Diningrat Digelar di Situs Jambansari Ciamis

Haul Raden Adipati Aria Kusumah Diningrat Digelar di Situs Jambansari Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka haul Raden Adipati Aria Kusumah Diningrat, Yayasan Kusumah Diningrat Ciamis, menggelar do’a bersama sekaligus memberikan santunan kepada anak yatim dan duafa, serta diakhiri dengan tausiah dari Ustad Jujun Junaedi.

Acara yang digelar di situs Makam Jambansari yang merupakan komplek makam Raden Adipati Aria Kusumah Diningrat, tepatnya di Jalan Achmad Dahlan, Lingkungan Rancapetir, Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Kamis malam (18/10/2018), dihadiri generasi ke-6 Raden Adipati Aria Kusumah Diningrat, yakni, Rasih Hanif Radinal.

Selain itu, hadir pula keluarga besar Jambansari, Galuh Sadulur, Perguruan Jalak Banten, Padepokan Pajajaran, dan tokoh masyarkat Kabupaten Ciamis.

Dalam kesempatan itu, Rasih Hanif Radinal, mengatakan, Raden Adipati Aria Kusumah Diningrat merupakan Bupati Ciamis ke-16 yang berkuasa pada tahun 1839-1886, yang mana menurut catatan sejarah Kanjeng Prabu dikenal sebagai Bupati yang cakap serta pandai berbahasa Belanda dan Perancis.

“Kanjeng Prabu dikenal dengan syar Islam-nya, di mana pada waktu ke pemimpinan Kanjeng Prabu, masyarakat belum memegang teguh agama Islam. Kanjeng Prabu sendiri merupakan sosok yang sangat disayangi oleh masyarakat,” jelasnya.

Hanif juga berharap, dengan digelarnya kegiatan haul Raden Adipati Aria Kusumah Diningrat ini, masyarakat Ciamis tidak melupakan sejarah. Dirinya pun akan mengangkat kembali tradisi-tradisi yang ada di Situs Jambansari. (Fahmi/R3/HR-Online)

- Advertisment -