Ingin Tahu Seperti Apa Ponsel Android Pertama di Dunia? Ini Ulasannya

Ponsel HTC Dream. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Siapa sangka sepuluh tahun lalu ponsel HTC Dream menjadi cikal bakal smartphone yang sekarang banyak digunakan. Ya, ponsel yang di Amerika Serikat disebut T-Mobile G1 ini adalah ponsel yang menggunakan OS Android pertama di dunia.

Lantas seperti apa spesifikasi dari HTC Dream ini? Untuk mengobati rasa penasaran, HR Online mengulas ponsel Android pertama di dunia ini yang dikutip dari Liputan6 dan Android Authority, beberapa waktu lalu.

HTC yang merupakan vendor dari Taiwan bekerjasama dengan Google merilis ponsel Android pertama ini pada tahun 2007. Namun, baru menjualnya ke pasaran pada 22 September 2008. HTC Dream saat itu dibanderol US$ 179.

Lantas bagimana dengan bentuknya? Ponsel Android pertama di dunia yang kala itu bersaing dengan ponsel BlackBerry yang sedang booming seri 9000, iPhone 3G dan Nokia N96 ini, memiliki layar 3,2 inci dengan resolusinya 320 x 480 piksel.  

Ukuran dan resolusi layar memang sangat jauh dengan smartphone buatan sekarang. Bahkan, ponsel pintar made in now ini kebanyakan atau sangat populer dibekali dengan layar yang full ata tanpa bezel-less. Untuk HTC Dream rasio layanya hanya 50% atau 3: 2 saja.

Sehingga, untuk tombol atau keypadnya otomatis masih menggunakan tombol fisik. Keyboard fisik ini letaknya berada di bawah layar. Namun pengguna juga bisa memakai keyboard pada layar, walaupun ukurannya kecil.

Selain itu, ponsel Android pertama di dunia ini juga dibekali dengan RAM yang sangat kecil yaitu 192 MB, dengan penyimpanan internal hanya 256 MB, tapi masih dapat diperlebar menggunakan microSD sampau 16 GB.

Sementara dapur pacunya memakai SoC (system of chip) Qualcomm MSM7201A dengan grafis atau GPU Adreno 130. Sedangkan kapasitas daya baterai hanya 1.150 mAh.

Seperti ponsel canggih di zamannya, HTC Dream juga dibekali dnegan kamera belakang yang lensanya 3.15 MP, berfitur autofocus. Sayangnya, kamera utamanya tidak dapat dipergunakan untuk merecord video. Sementara OS berbasis Android 1.5 Cupcake. 

Fitur lainnya, meski OS memakai Android 1.5, namun pada home screen sudah bisa dikustomisasi, sampai bisa dipasang aplikasi seperti Google Maps, YouTube, Gmail yang sudah ada atau bawaan dari ponsel itu sendiri.

Untuk berselancar di dunia maya, bisa mengandalkan browsing dari laman Google dengan browser-nya menggunakan basis HTML.

Letak port untuk mengisi daya berada di bawah, tapi HTC Dream tidak ada jack headphone 3,5 mm. Sementara tombol fisik ada lima bagian, yaitu untuk mengangkat panggilan telepon, on-off ponsel, tombol back (kembali), tombol menu serta tombol Home. (Adi/R5/HR-Online)