Inovasi Visual Terbaru dari Facebook, Bisa Posting Foto 3D

Inovasi Visual Terbaru dari Facebook, Bisa Posting Foto 3D. Photo: Net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Pengguna jejaring sosial Facebook kini bisa memposting foto 3D (tiga dimensi). Dengan visual teranyar ini memungkinkan gambar tampak lebih dalam, yang menghidupkan unsur latar depan (foreground) serta latar belakang (background). Sehingga, pengguna bisa melihat foto seakan seperti kenyataan.

Namun sayangnya belum semua pengguna Facebook dapat menikmati foto dalam format 3D, seperti dikutip dari blog Facebook, Sabtu (13/10/2018). Untuk sementara ini hanya pengguna iPhone berkamera ganda saja yang bisa membagikan foto 3D ke Facebook.

Foto 3D itu dapat dinikmati secara kasat mata di linimasa, atau melalui perangkat realitas virtual (VR). Selain GIF, foto biasa dan video, inovasi visual terbaru dari Facebook ini untuk memperkaya beragam format visual di dunia maya.

Adapun cara membuat foto 3D di Facebook, pertama tentu harus buka dulu aplikasi Facebook, lalu pilih menu untuk mengunggah konten melalui ikon tiga titik. Setelah itu akan muncul opsi 3D Photo.

Kemudian, tekan opsi itu maka Facebook secara otomatis akan membawa Anda ke galeri foto yang Anda bidik dengan menggunakan mode Portrait pada iPhone 7 Plus, iPhone 8 Plus, iPhone X, serta iPhone XS. Dalam hal ini, Facebook menggunakan pemetaan ke dalaman atau depth maps yang tersimpan pada mode Portrait tersebut.

Tahap berikutnya Anda tinggal memilih foto yang diinginkan, dan Facebook secara otomatis memprosesnya supaya menjadi foto 3D. Kalau hasilnya sudah sesuai dengan keinginan, Anda pun tinggal memilih foto tersebut untuk dibagikan ke linimasa.

Supaya foto 3D terlihat lebih maksimal, Anda perlu memperhatikan beberapa tips. Pertama, bidik foto dengan lapisan latar belakang dan latar depan yang mumpuni. Misal, foto Anda berdiri di ladang penuh bunga.

Kedua, perhatikan pula kontras. Jika foto memperlihatkan kontras yang mencolok, maka tingkat kedalamannya pun akan semakin baik. Contohnya, foto Anda memakai baju biru berdiri di depan tembok yang memiliki warga berbeda, seperti merah atau kuning.

Kertiga, Anda harus menghindari objek yang warnanya transparan seperti kaca atau plastic. Karena foto 3D itu tidak akan maksimal, sebab tekstur transparan tidak memberikan kedalaman yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Semoga saja fitur foto 3D ini untuk ke depannya tersedia juga bagi pengguna smartphone Android. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA