IPI Diminta Kolaborasi dengan Pegiat Literasi di Ciamis

Pelantikan PD IPI Kabupaten Ciamis periode 2018-2021, Selasa (02/10/2018). Foto : Heri Herdianto/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI) Provinsi Jawa Barat, meminta Pengurus IPI Kabupaten Ciamis terus mengembangkan pelayanan serta meningkatkan kerjasama antara pegiat literasi di Kabupaten Ciamis. Hal itu terungkap saat pelantikan PD IPI Kabupaten Ciamis periode 2018-2021, Selasa (02/10/2018).

Ketua PD IPI Provinsi Jawa Barat, Dra. Ida Hendrawati, ketika ditemui Koran HR, Selasa (02/10/2018), membenarkan, pihaknya meminta PD IPI Ciamis membangun kolaborasi atau kerjasama dengan asosiasi pustakawan, mulai tingkat daerah, nasional dan internasional.

“Termasuk dengan pegiat literasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Peran pustakawan dan pengurus IPI sangat penting, oleh karena itu saya berharap pengurus IPI lebih kreatif dan inovatif meningkatkan kompetensinya. Jangan menunggu, tapi harus jemput bola,” katanya.

Ida menjelaskan, salah satu peran organisasi profesi pustakawan adalah meningkatkan mutu profesi melalui berbagai kegiatan dan aktifitas kepustakawanan. Dan kegiatan perpustakaan yang langsung dirasakan oleh masyarakat adalah pelayanan. Karena pelayanan merupakan ujung tombak perpustakaan.

“Di dalam memfasilitasi masyarakat, tentunya pustakawan perlu mengembangkan kemampuannya dalam berkomunikasi dengan pemustaka. Di samping itu, juga perlu kemampuan menganalisis yang baik tentang berbagai hal, yang terkait dengan permasalahan pemustaka,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ida berharap nantinya dapat terbangun kedekatan antara perpustakaan dengan masyarakat di sekitarnya. Oleh karena itu, pustakawan sebagai salah satu pendukung hidupnya perpustakaan, dituntut memiliki etika dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Etika merupakan suatu ilmu tentang apa yang biasa dilakukan oleh manusia atau ilmu tentang adat kebiasaan. Dengan demikian etika tidak mempersoalkan keadaan manusia, melainkan mempersoalkan bagaimana manusia harus bertindak,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PD IPI Kabupaten Ciamis , Drs. Endang Sutrisna, M.Si, ketika ditemui Koran HR, Selasa (02/10/2018), berjanji akan berusaha semaksimal mungkin menjalankan amanah yang diberikan. Pihaknya mengajak pengurus, pustakawan dan para pegiat untuk sama-sama bergabung, memajukan dunia perpustakaan Kabupaten Ciamis.

“Kita harus bergerak. Karena tanpa pergerakan, keberadaan dan eksistensi organisasi IPI tidak dirasakan manfaatnya di tengah-tengah masyarakat. IPI tidak boleh diam dalam menyikapi berbagai persoalan yang menyangkut perkembangan literasi dan perpustakaan di Ciamis. Inilah tugas kita selaku pengurus,” ujarnya.

Di tempat yang sama, pegiat literasi Ciamis, Apep Apipudin, mengaku sangat mengapresiasi pembentukan PD IPI Kabupaten Ciamis tahun ini. Dia berharap, pembentukan IPI Kabupaten Ciamis menjadi bagian dari upaya meningkatkan daya literasi masyarakat.

“Semoga terjalin kerjasama antara penggiat, pustakawan, serta dinas terkait guna menyuksekan peningkatan literasi di Kabupaten Ciamis,” katanya. (Heri/Koran HR)

KOMENTAR ANDA