Kades Baregbeg Ciamis Pertanyakan Pencairan DD Tahap II

lustrasi dana desa. Foto: Ist/net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kades Baregbeg, Ade Iwan, mempertanyakan pencairan Dana Desa (DD) tahap II yang sampai Bulan Oktober ini belum juga cair. Padahal, kewajiban adiminstratif pencairan DD tahap II sudah diselesaikan pihaknya.

“Pada tahun 2017, pencairan (DD) tahap satu hingga tahap tiga berjalan baik. Tapi tahun sekarang belum jelas kapan turun dan cair. Padahal desa sangat membutuhkan DD untuk melanjutkan pembangunan di desa,” ungkap Kades Baregbeg, Ade Iwan.

Iwan menjelaskan, pihaknya sudah menyelesaikan administrasi pelaporan pertanggungjawaban penggunaan DD tahap I. Pasalnya, pelaporan DD tahap I menjadi salah satu dasar untuk pencairan DD tahap II.

“Sekarang sudah lewat bulan, malah sudah mau akhir tahun, tapi DD tahap II belum juga cair,” katanya.

Menurut Iwan, seharusnya DD tahap II cair sekitar Bulan Agustus. Tapi sampai sekarang, Iwan mengaku tidak tahu penyebab labannya pencairan DD. Menurut dia, dari 9 desa di Baregbeg, 5 desa belum menerima DD tahap II.

“Jika administrasi pertanggungjawaban tahap I belum selesai, maka akan menghambat pencairan tahap dua dan tiga. Tapi meski sudah selesai, belum juga ada pemberitahuan untuk pencairan DD tahap II,” katanya.

Diakui Ade, keterlambatan pencairan DD tahap II akan menghambat program pembangunan di desa. Pihaknya berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis segera mencairkan DD tahap II agar program pembangunan di desa tidak terkendala.

Sementara itu, Sekretatis Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis, Krishna Gunawan, S.Sos, ketika ditemui Koran HR, Selasa (02/10/2018), mengaku akan menginventarisir desa mana saja yang belum mendapatkan pencairan DD tahap II.

“Kami akan lihat kembali data, mana saja desa yang belum cair DD tahap dua. Bagi desa yang DD tahap duanya belum cair, harap bersabar, kami pastikan DD tahap II turun,” jelasnya. (Es/Koran HR)

KOMENTAR ANDA