Ketua Tim Penggerak PKK Pangandaran Ajak Masyarakat Cuci Tangan Pakai Sabun

Ketua PKK saat bersama Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran melakukan cuci tangan pakai sabun. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dalam peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pangandaran mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan cuci tangan pakai sabun. Hal itu dimaksudkan agar masyarakat bisa terbebas dari berbagai penyakit serta bisa melakukan aktifitas sehari-hari.

Ketua Tim Penggerak PKK Pangandaran, Hj Ida Nurlela, saat peringatan Hari Cuci Tangan Sedunian di Cikembulan Pangandaran, mengatakan, peringatan hari tersebut didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun. Pasalnya, dengan mencuci tangan merupakan cara yang mudah efektif dan terjangkau untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa.

“Hari Cuci Tangan Sedunia yang pertama digelar pada tahun 2008 ketika 120 juta anak di seluruh dunia mencuci tangan dengan sabun di 70 negara. Dan setiap tahun lebih dari 200 juta orang terlibat dalam peringatan ini di 100 negara. Dengan begitu, ini menjadi dorongan kita semua untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan, baik itu tubuh maupun lingkungan kita,” katanya.

Ia menambahkan, dalam kegiatan yang diikuti oleh 825 orang dari berbagai elemen tersebut diharapkan bukan hanya sebatas seremonial saja. Akan tetapi menjadi kebiasaan yang harus ditularkan kepada seluruh masyarakat Pangandaran.

“Cuci tangan pakai sabun adalah salah satu cara yang paling efektif dan cara termurah meriah untuk mencegah penyakit. Perilaku sederhana untuk menghindari kuman dan penyakit ini bisa menyelamatkan nyawa, mengurangi diare, serta infeksi saluran pernapasan akut. Mudah-mudahan ini terus dibudayakan oleh masyarakat,” pungkasnya. (Ntang/R6/HR-Online)