Kisah di Balik Nama Daerah Panoongan Ciamis

Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Setiap nama pasti memiliki arti, baik itu nama orang, tempat maupun istilah pasti memiliki arti tersendiri yang mendalam, bahkan sebuah nama kerap dikaitkan dengan suatu kejadian, tokoh berpengaruh, maupun hal-hal yang sifatnya langka. Seperti halnya di wilayah Ciamis kota, terdapat sebuah lingkungan yang cukup unik, yakni daerah Panoongan Ciamis.

Diketahui, kata Panoongan jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah tempat melihat atau mengintip dari asal kata noong yang berarti mengintip atau melihat. Sementara kata pa dalam bahasa Sunda diartikan sebagai sebuah tempat.

Sementara itu, nama wilayah tersebut berdasarkan tradisi lisan turun temurun ternyata memiliki cerita tersendiri di balik nama tersebut.

Ilah Siti Armilah (70), salah satu warga Panoongan, Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten Ciamis, mengatakan,  pada zaman dahulu terdapat pengrajin batik di Kampung Babakan Nyengked yang memiliki putri cantik bernama Utari. Konon, Utari merupakan kembang desa yang memiliki paras cantik. Bahkan, para pemuda saat itu jika melihatnya bisa dipastikan terpesona dan terbuai dengan kecantikannya.

“Saking cantiknya Utari, banyak pemuda waktu itu nekat membuat lubang pada dinding rumah Utari demi bisa mengintip paras cantiknya. Karena begitu terkenal, maka tempat tersebut dikenal Panoongan atau tempat mengintip,” jelasnya kepada HR Online, Kamis (25/10/2018).

Sejak mashurnya rumah Utari yang dilubangi sebagai tempat mengintip para pemuda, lanjut Ilah, seiring berjalannya waktu wilayah tersebut dikenal dengan nama Panoongan Ciamis.

“Cerita asal-usul ini turun temurun dari orang tua zaman dahulu. Saya juga dapat cerita ini dari orang tua saya,” pungkasnya. (Fahmi/R6/HR-Online)