Lima Minuman Sehat Pengganti Kopi yang Tak Kalah Nikmat

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Hampir semua orang pernah merasakan minuman kopi. Ya, minuman yang satu ini memang paling digemari di dunia, hal itu disebabkan karena minuman kopi bisa sebagai teman begadang karena bisa menjaga dari kantuk, ‘teman’ ngobrol dan juga penambah energi.

Meski begitu, minum kopi melebihi yang dianjurkan bisa mengundang penyakit. Seperti, penyakit jantung, gangguan pencernaan, diabetes, pusing, dan penyakit lainnya.

Disarankan para ahli kesehatan, bahwa untuk meminum kopi yang ada kafeinnya tidak boleh melebihi 400 miligram atau 4 gelas setiap harinya. Pasalnya, jika mengonsumsi secara berlebih bisa memicu gejala overdosis kafein, yang gejalanya dimulai dari mual, pusing, cemas, jantung berdebar, dan sebagainya.

Sebagai solusi supaya tidak terjadi masalah pada kesehatan, ada alternatif minuman sehat pengganti kopi. Minuman alternatif ini fungsinya tidak kalah dengan kopi.

Berikut ini minuman sehat pengganti kopi yang HR Online kutip dari Boldsky.

# Kopi dandelion

Minuman alternatif kopi ini terbuat dari akar dandelion. Akar tersebut dikeringkan kemudian diseduh, dan disajikan ke cangkir. Minuman kopi dandelion ini dipercaya rasanya serta penampilannya tidak jauh beda dengan minuman kopi.  

Sedangkan akar dandelion yang dijadikan minuman sehat pengganti kopi ini adalah dari genus Taracaxum, yang usianya mencapai 3-4 tahun, dengan diameter akar mencapai 13 mm.

Kandungan yang terdapat dari minuman ini yaitu vitamin A, B, C serta D, kemudian adapula kalsium, zat besi dan sebagainya. Manfaat lainnya, diklaim mempunyai khasiat untuk mengobati hati serta laksatif dan juga berpotensi sebagai obat kanker.

# Matcha green tea

Dari namanya sudah pasti minuman ini berbahan dasar dari teh namun berbentuk bubuk hijau. Matcha green tea digemari oleh masyarakat Jepang, karena manfaat dari mengonsumsi minumanini bisa meningkatkan otak untuk lebih fokus serta baik untuk kesehatan tubuh.

Matcha green tea kaya akan antioksidan sehingga bisa membersihkan racun yang ada dalam tubuh. Manfaat lainnya, berkhasiat untuk penyakit jantung, kanker serta baik untuk penderita diabetes, dan sama seperti kopi sebagai penambah energi.

# Teh kunyit

Zat yang ada di dalam teh kunyit yaitu kurkumin memiliki khasiat untuk kesehatan, seperti menambah antibodi, mengurangi tanda-tanda radang sendi, peradangan, alzheimer, gangguan hati, batu empedu serta kanker.   

# Cokelat panas

Kandungan yang ada di dalam cokelat bisa menambah energi sehingga bisa beraktivitas dengan lancar. Minuman sehat pengganti kopi yang satu ini kaya akan kandungan neurotransmitter, yang fungsinya melindungi kesehatan mental, serta membuat rasa bahagia.   

# Maca panas

Maca yang umumnya dipakai untuk dijadikan sebagai minuman smoothie atau latte ini, kaya akan kandungan protein dan nutrisi. Minuman maca panas juga bisa memberikan atau sebagai penambah energi serta berkontribusi bagi tubuh dalam mengontrol hormon. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA