Makna Mangkuk Ayam Jago yang Sering Dipakai Pedagang Bakso & Mie Ayam

Makna Mangkuk Ayam Jago yang Sering Dipakai Pedagang Bakso & Mie Ayam. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Bagi masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan mangkuk ayam jago yang legendaries. Mangkuk ini seolah wajib dimiliki oleh para pedagang bakso dan mie ayam.

Bahkan, sepertinya mangkuk ayam jago ini sudah sangat melekat dengan makanan pedagang kaki lima yang tersebar luas di semua daerah yang ada di Indonesia.

Bukan hanya mangkuk saja, oleh kaum muda kini gambar tersebut juga diaplikasikan ke dalam bentuk lain, seperti pada desain tas hingga kaos. Penampilan mereka pun tetap keren dan fashionable.

Tapi tahukah kamu, kalau ternyata mangkuk bergambar ayam jago ini memiliki sejarah dan makna yang terkandung di dalamnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah asal mula mangkuk legendaris tersebut berikut maknanya;

Sebagai Lambang Kemakmuran

Gambar ayam jago pada mangkuk ternyata tidak digambar sembarangan lho. Pasalnya, dalam budaya China kuno, ayam jago berjengger merah itu mempunyai perlambang sebagai kelancaran rezeki.

Karena itulah, mangkuk ini biasa digunakan sebagai wadah makanan oleh para pedagang. Tentunya dengan harapan dagangan mereka laris manis serta diberikan kelancaran dan kemudahan rezeki.

Selain itu, mangkuk bergambar ayam jago ini juga sudah lama digunakan. Menurut sejarahnya, mangkuk tersebut sudah ada sejak tahun 1465, yakni semasa Dinasti Ming periode Kaisar Chenghua.

Pada masa itu, Kaisar Chenghua memesan 4 buah cawan kepada seorang pengrajin keramik di daerah Jingdezhen. Cawan yang dipesannya itu bergambar ayam jago dan betina.

Setelah itu barulah pada masa Dinasti Qing, yaitu pada tahun 1661, mangkuk bergambar ayam jago diproduksi secara massal. Mangkuk ini kemudian digunakan oleh masyarakat kelas menengah ke bawah. Sementara mangkuk dengan motif lain dijual dengan harga yeng lebih mahal, seperti halnya motif naga.

Sedangkan, bagi petani di Tiongkok, mangkuk ayam jago dianggap sebagai perlambang kerja keras guna meraih kemakmuran. Karena setiap pagi ayam selalu membangunkan mereka untuk bekerja di ladang.

Namun, ada pula sejarah yang mengatakan kalau mangkuk ayam jago berasal dari Thailand, mengingat gambar ayam jago pada mangkuk itu mirip dengan ayam hutan Gallus. Ayam hutan jenis tersebut dibudidayakan di Thailand sejak 8.000 tahun sebelum Masehi. Tetapi, sebagian orang lagi menyebutkan bahwa ayam yang dimaksud itu berbeda.

Itulah sejarah dan makna dari mangkuk bergambar ayam jago. Apa kamu juga punya mangkuk ayam jago? (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA