Minat Baca di Pangandaran Didominasi Pelajar SD

Salah satu pengunjung Perpusda Pangandaran. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Minat baca di Kabupaten Pangandaran masih didominasi oleh kalangan pelajar dari Sekolah Dasar (SD). Data minat tersebut dilihat dari jumlah kunjungan perpustakaan daerah setiap bulan.

Menurut Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Pangandaran, Sobirin, bahwa pengunjung perpustakaan daerah Pangandaran didominasi oleh pelajar SD dengan persentase 44 persen. Sementara itu, peringkat kedua adalah S1 sebanyak 28 persen, dan SMA sebanyak 17 persen.

“Kalau dari sisi usia, paling banyak di umur 26-35 tahun dengan persentase 40.8 persen, dan urutan kedua umur 36-45 tahun,” jelas Sobirin.

Guna menarik peminat baca buku di perpustakaan daerah, Sobirin menyampaikan pihaknya terus melengkapi koleksi buku untuk memenuhi kebutuhan pembaca. Sedangkan saat ini, di Perpusda terdapat 9 jenis genre buku.

Paling banyak, sambung Sobirin, merupakan buku pelajaran dan ilmu pengetahuan umum. Sedangkan total buku yang dimiliki mencapai 8000 buah.

“Buku di sini didominasi buku olahraga dan kesenian yang persentasenya mencapai 34,8 persen, dan yang kedua buku soal ilmu murni dengan persentase 18.2 persen,” jelasnya lagi.

Selain menarik peminat buku melalui pelengkapan koleksi, pihaknya juga melakukan upaya dengan penyediaan perpustakaan keliling serta pelatihan dan penyuluhan kepada pustakawan. Tak hanya itu, promosi melalui media online, pembukaan stand di setiap acara besar, penyediaan Taman Baca Masyarakat (TBM), serta perpustakaan di sekolah serta lainnya juga terus dilakukan Perpusda Pangandaran.

“Jadi, intinya agar pembaca meningkat, kita melaksanakan kegiatan-kegiatan yang aplikatif. Dengan begitu, semangat untuk berkunjung ke perpustakaan bisa meningkat, minat baca meningkat dan menjadikan perpustakaan sebagai wadah yang tepat untuk belajar, berekpresi dan berkreasi,” pungkasnya. (Ceng2/R6/HR-Online)