Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita CiamisPeduli Korban Gempa Palu Donggala, Siswa SMK Taruna Bangsa Ciamis Shalat Ghaib

Peduli Korban Gempa Palu Donggala, Siswa SMK Taruna Bangsa Ciamis Shalat Ghaib

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Keluarga besar SMK Taruna Bangsa Ciamis, Jawa Barat, menggelar shalat ghaib, dan penggalangan dana bagi korban gempa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jum’at (05/10/2018), di lapangan milik sekolah tersebut.

Kegiatan shalat ghaib dan penggalangan dana bagi korban gempa Palu ini dipusatkan digelar sebelum jam pelajaran dimulai. Adapun hasil dari penggalangan dana tersebut langsung disalurkan kepada korban bencana melalui PMI Ciamis sebagai relawan Ciamis peduli Palu-Donggala.

Kepala SMK Taruna Bangsa Ciamis, Agus Gusanto, mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk empati terhadap para korban atas musibah yang mereka alami. Selain itu, juga sebagai pembelajaran bagi para siswa untuk menumbuhkan kesadaran, solidaritas dan toleransi terhadap sesama anak bangsa.

“Kegiatan ini pun sebagai upaya edukasi serta pembelajaran bagi para siswa untuk peduli sesama, dan bisa merasakan kepedihan dan kesedihan saudara kita di Palu dan Donggala yang tengah tertimpa musibah,” tuturnya, kepada HR Online.

Lebih lanjut Agus mengatakan, kegiatan sholat gaib dan penggalangan dana bagi para korban bencana alam di Donggala dan Palu ini penting dilaksanakan untuk membentuk karakter siswa.

Agus berharap, melalui kegiatan tersebut para siswa menjadi terbiasa untuk berbagi dengan sesama yang tengah mendapat musibah dan cobaan.

Sementara itu, Ketua Osis SMK Taruna Bangsa Ciamis, Jessica Ayuningsih, mengaku bahwa pihaknya ikut merasakan kepedihan yang dialami para korban bencana di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

“Dengan adanya penggalangan dana untuk dikirimkan bagi para korban, diharapkan bisa meringankan sedikit beban mereka, atau minimal ada dukungan moril untuk memotivasi mereka,” katanya.

Dia menyebutkan, tercatat ada 600 siswa dan para guru yang ikut andil dalam penggalangan dana dan salat gaib. Bahkan, uang hasil pengumpulan siswa dan guru akan dikirimkan ke korban bencana di Donggala dan Palu, yang langsung diberikan kepada perwakilan dari PMI Ciamis melalui relawan Ciamis peduli Dongala, yang langsung datang ke sekolah.

“Karna sebagian siswa sedang PKL, tetapi Alhamdulillah total dari penggalangan dana yang terkumpul jumlahnya ada Rp. 1.780.000, selain itu ada juga barang layak pakai lainnya. Kami berharap ini bisa meringankan para korban. Semoga mereka selalu mendapatkan kekuatan dari Allah,” ucap Jessica.

Usai kegiatan, permakilan siswa SMK Taruna Bangsa langsung menyerahkan hasil donasi kepada relawan Ciamis perwakilan dari PMI Kabupaten Ciamis. (Heri/R3/HR-Online)

- Advertisment -