Pemdes Babakan Pangandaran Bangun Kantor FKDM

Peletakan batu pertama pembangunan kantor FKDM Desa Babakan oleh Kepala DPKPB Pangandaran, Nana Ruhena. Foto: Ntang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pemdes Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran membuat terobosan baru dengan membangun kantor Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). Bahkan, kantor yang bakal dibangun tersebut merupakan kantor FKDM pertama yang ada di Pangandaran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Pangandaran, Nana Ruhena, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi adanya gagasan untuk membangukan kantor FKDM yang menjadi tempat para relawan di tingkat desa.

“Ini jadi bukti keseriusan Pemdes Babakan dan jajarannya dalam hal penanggulangan bencana. Setelah adanya SDM di bidang kebencanaan, selanjutnya didukung dengan adanya sarana dan prasarana, saya yakin ini akan menjadi motivasi bagi semuanya, terutama dalam hal mitigasi bencana,” jelasnya kepada HR Online di sela-sela peletakan batu pertama pembangunan kantor tersebut, Kamis (26/10/2018).

Dengan adanya tempat para relawan tersebut, kata Nana, diharapkan bisa menjadi dorongan para anggota FKDM untuk bersama-sama mengingatkan dan mengedukasi masyarakat terkait kebencanaan. Apalagi, Kabupaten Pangandaran merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang rawan terjadi bencana.

“Semoga saja ini jadi contoh bagi desa-desa yang lain. Kami sangat apresiasi Pemdes Babakan karena bisa membuktikan desa yang tangguh bencana,” pungkasnya. (Ntang/R6/HR-Online)