Pemkab Ciamis Diminta Perbaiki Jembatan Simunjul

Jembatan Simunjul di wilayah perbatasan antara Desa Sindangsari dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, kondisinya rusak parah. Foto : Eji Darsono/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Jembatan Simunjul di wilayah perbatasan antara Desa Sindangsari dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, kondisinya rusak parah. Selain rusak dan badan jembatan menyempit, warga khawatir kondisi itu memicu terjadinya kecelakaan.

Mamat, warga Kawali, ketika dimintia tanggapan, Senin (01/10/2018), menuturkan, kondisi jembatan jika dilihat sepintas memang terkesan baik. Namun jika dilihat ke bagian bawah jembatan, kondisinya sudah “geronggongan”.

“Bahkan bagian sayap jembatan sudah ambruk. Apabila tidak secepatnya diperbaiki, tidak menutup kemungkinan tiba-tiba ambruk dan mencelakai pengguna jalan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Mamat berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis segera mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki jembatan atau membangun kembali jembatan yang lebih representatif.

“Soalnya jembatan ini siang-malam ramai dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat,” katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Sindangsari, Mimin Hidayat, membenarkan kondisi terkini jembatan Simunjul yang rusak dan menyempit. Menurut dia, sudah hampir puluhan tahun jembatan belum tersentuh perbaikan. “Wajar kalau kondisinya seperti itu (rusak),” katanya.

Minim mengungkapkan, pada tahun 2016 sebenarnya sudah ada pengontrolan dari petugas kabupaten, untuk mengetahui kondisi jembatan. Tapi sayang, sampai sekarang belum lagi ada tindaklanjut.

“Padahal setiap tahun agenda perbaikan jembatan Simunjul masuk dalam prioritas Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan), baik di tingkat desa maupun kecamatan. Mudah-mudahan saja pemerintah kabupaten secepatnya merealisasikan perbaikan jembatan,” katanya. (Dji/Koran HR)

KOMENTAR ANDA