Pesepak Bola Banjar Loloskan Tim Jabar ke 8 Besar Gala Siswa Indonesia

Kaka Hielmy, pesepak bola muda asal Kota Banjar nomor punggung 4 (dalam lingkaran) masuk dalam tim inti Tim gala siswa Provinsi Jawa Barat dalam ajang turnamen Gala Siswa Indonesia SMP tingkat nasional. Foto : istimewa.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Tim gala siswa Provinsi Jawa Barat (Jabar) berhasil lolos ke babak delapan besar Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP tingkat nasional, yang berlangsung di GOR Cendrawasih Cengkareng, Jakarta.

Berada di grup B, Jawa Barat yang mengawali hasil sempurna di pertandingan pembuka, Rabu (10/10/2018) dengan menggasak Kalimantan Barat empat gol tanpa balas.

Kemudian menang WO (walk out) dari tim Gala Siswa Indonesia Sulawesi Tengah yang tidak ikut serta di ajang GSI SMP tingkat nasional, dan terakhir tim GSI SMP Jawa Barat mengalahkan tim Aceh.

Lolosnya tim GSI Jawa Barat ke 8 besar tentu tak lepas dari andilnya pesepak bola muda asal Kota Banjar, Kaka Hielmy. Pemain muda belia asal Kota Banjar jebolan Sekolah Sepak Bola (SSB) Husada Junior ini masuk tim inti yang posisinya berada dibarisan pertahanan tim GSI Jawa Barat.

Kaka yang kini duduk di bangku kelas IX SMPN 1 Banjar ini dipanggil tim kepelatihan GSI Jawa Barat bersama dengan 17 pemain lainnya, dari kabupaten/kota di Jabar.

Anak pertama pasangan Agus Santiko dan Ina Rishana bisa dipanggil tim GSI Provinsi Jabar, karena berkat permainan apik dan luwes dan handal terutama saat menjaga jantung pertahanan. Sehingga tidak salah jika tim pelatih dari Jawa Barat kepincut ingin memakai jasanya pada Gala Siswa Indonesia tingkat nasional.

Tentu, dengan masuknya Kaka Hielmy ke dalam skuat inti tim GSI Jawa Barat membuat bangga SSB Husada Junior Kota Banjar, yang telah membina, menggembleng dan melatih Kaka.

“Alhamdulillah anak asuhan SSB Husada Junior Kota Banjar bisa tampil di tingkat nasional. Mudah-mudahan di era kepemimpinan Askot PSSI Banjar Dadang Kalyubi dan KONI Kota Banjar, Rachwan, bisa membangkitkan persepakbolaan Kota Banjar. Dan dukungan manajemen dan kepelatihan yang tanpa pamrih bahu membahu melatih generasi kedepan supaya lebih baik lagi,” ucap Sekretaris SSB Husada Junior Kota Banjar, Hendra, kepada HR Online, Sabtu (13/10/2018).

Dengan masuknya Kaka membela Jawa Barat menambah deretan pemain binaan SSB Husada Junior Kota Banjar yang sudah melahirkan pesepak bola berbakat.

Sebelumnya, Reihan yang bermain di liga 1 profesional membela di Persib U-16, Ajat yang ikut Persib U-19, Aldi Imron di PSGC Ciamis, dan Yusril di Persibat.

Berdasarkan catatan HR Online, SSB Husada Junior Kota Banjar pernah menorehkan berbagai prestasi, diantaranya juara Liga Banjar senior 2013 & 2017, juara 2 Open Kedung Reja 2018, Juara 1 U-15 & U-13 Piala Askot PSSI Kota Banjar, juara 2 Neglasari Cup U-12, juara 4 Open Cilacap U-11, serta juara 3 Bintang Muda Cup 2018 KU-10 tahun.

Hendra menambakan, sebagai salah satu cabang akademi Persib yang ada di Kota Banjar, pihaknya terus membina anak anak mulai dari usia play grup, SMP, SMA, mahasiswa sampai senior.

“Tim pelatih kami manager tim CPM Hidayat, head coach Santiko, dan para coach lainnya, bahu membahu membimbing anak asuh juga meningkatkan sumber daya kepelatihan yang langsung oleh para mantan persib, seperti Encas Tonif, Yadi Mulyadi,  Budiman Yunus dan lainnya,” pungkasnya. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA