Picu Berbagai Penyakit, Beberapa Jenis Sayuran Ini Jangan Dihangatkan!

Picu Berbagai Penyakit, Beberapa Jenis Sayuran Ini Jangan Dihangatkan! Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Tahukan Anda kalau ternyata ada beberapa jenis sayuran yang tidak boleh dihangatkan, karena justru bisa memunculkan berbagai penyakit.

Banyak orang yang menghangatkan makanan agar bisa disantap lagi. Selain memberikan rasa yang lebih nikmat saat disantap, menghangatkan makanan juga bisa menghemat pengeluaran.

Namun, tidak semua makanan bisa dihangatkan lagi. Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/10/2018), berikut ini beberapa jenis sayuran yang tidak boleh dihangatkan;

Bayam

Selain kaya akan nutrisi, bayam juga bisa diolah menjadi beragam masakan, mulai dari makanan berkuah hingga tumis. Kalau masakan olahan bayam tidak habis dalam sekali makan, sebaiknya nikmati saja apa adanya dalam kondisi dingin. Karena, masakan bayam yang dihangatkan hanya akan menimbulkan masalah bagi kesehatan.

Kandungan nitrat yang tinggi pada bayam berperan sangat penting untuk tubuh. Sehingga, komponen ini tidak akan menimbulkan masalah saat proses pengolahan pertama.

Tapi bila dipanaskan, nitrat yang terkandung dalam bayam akan melepaskan senyawa karsinogenik saat proses cerna oleh tubuh. Jadi sebaiknya masak bayam secukupnya saja agar bisa dihabiskan dalam sekali makan.

Kentang

Selain menjadi pengganti nasi bagi mereka penderita diabetes, kentang juga dapat dijadikan campuran sup. Namun, kentang bisa berubah jadi makanan beracun apabila dibiarkan dalam suhu normal setelah proses pemasakan pertama.

Suhu normal ruangan akan memicu pertumbuhan bakteri langka, serta racun pada kentang tumbuh subur. Sebagai solusinya, kentang yang akan dikonsumsi lagi setelah dimasak lebih baik disimpan dalam kulkas.

Jamur

Olahan masakan jamur setelah matang sangat direkomendasikan untuk langsung disantap. Karena, idealnya jamur tidak disimpan atau dikonsumsi keesokan harinya. Sebab, jamur mengandung banyak protein dan juga mineral.

Menghangatkan olahan masakan jamur bukanlah pilihan tepat, karena Anda bakal memecah protein di dalamnya lebih jauh, dan hal ini dapat menimbulkan masalah pada pencernaan.

Selain itu, menghangatkan makanan olahan jamur akan melepaskan racun yang mengandung oksidasi nitrogen serta radikal bebas. Kalaupun terpaksa harus disimpan untuk disantap keesokan harinya, sebaiknya disimpan dan disantap pada saat kondisi dingin.

Seledri

Seperti halnya bayam, seledri juga dilarang dihangatkan. Karena, jika dipanaskan hanya akan melepas senyawa karsinogenik yang berbahaya bagi kesehatan. Selain seledri, wortel juga sebaiknya jangan dihangatkan.

Bit

Bit sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun, Bit juga akan berubah menjadi makanan beracun jika dihangatkan. Sebaiknya sayur berwarna merah ini langsung dihabiskan dalam sekali duduk. Kalau ada sisanya, bit sebaiknya dijadikan sebagai campuran salad supaya bisa dimakan dalam kondisi dingin. (Eva/R3/HR-Online)