Pilkades Serentak di Banjar, Calon Kades Incumbent Berguguran

Perhitungan suara di Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar. Foto: Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sejumlah calon incumbent pada Pilkades serentak 2018 di Kota Banjar berguguran, Rabu (31/10/2018). Berdasar hasil penghitungan suara, dari 5 lima desa yang menyelenggarakan Pilkades, beberapa calon incumbent gagal mempertahankan kusri empuk kades.

Hanya satu calon petahana yang masih berhasil melaju atau menyambung jabatannya pada periode kedepan sebagai kades, yaitu Kades Jajawar, Samsudin.

Samsudin, selaku urut calon no 2 memperoleh 882 suara dukungan atau menang dengan penantangnya Dedi Supriadi, selaku no urut calon 1 dengan memperoleh 649 suara.

Sementara calon incumbent yang gagal memperpanjang jabatannya dalam Pilkades serentak itu adalah Suwarman Desa Sinartanjung Kecamatan Pataruman pada Pilkades 2018 maju lagi. Namun, sayang Suwarman calon no urut 2 hanya mampu meraih 866 suara, dan kalah dari calon kades baru yaitu Asep Hendra Sugiharto yang memperoleh dukungan 1495.

Hal yang sama juga terjadi pada calon petahana Desa Sukamukti Kecamatan Pataruman, H.Yosep Firmansyah. Setelah mengundurkan diri jabatan periode pertama, maju lagi sebagai calon namun sayang kalah oleh calon lain.

Yosep hanya mendapat 672 suara, sementara calon yang unggul adalah Budi Haryono memperoleh 736 suara. Dua calon lain di Pilkades Sukamukti yaitu Toto Robiantoro 33 suara, dan Kasiman Saefullah 705 suara.

Calon incumbent lain yang dipastikan gagal dilantik menjadi kades adalah incumbent Desa Rejasari Kecamatan Langensari, Nanang Sunarya. Dalam penghitungan suara calon penantang Sobur Waluyo unggul dengan 1596 suara, dan calon incumbent sendiri hanya mendapat 1035 suara. Tiga calon lagi yaitu Waginah Lasmawati peroleh 1337 suara, Suminardi 282 suara, dan Koko Sutarto 487 suara.

Nasib sama juga dialami calon incumbent Desa Kujangsari, Siti Aisah, yang harus takluk dari penantangnya karena hanya dapat 1204 suara. Sementara pemenangnya yaitu Mujahid dengan sukses mendulang 2707 suara. Soleh selaku calon lain 1638 suara. (Nanks/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA