Polres Ciamis Buat Terobosan Baru yang Patut Dicoba Masyarakat

Pojok Baca, salah satu fasilitas baru di Polres Ciamis. Foto: istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Polres Ciamis membuat terobosan baru agar masyarakat yang berkunjung ke Polres tidak jenuh saat mengurus pembuatan SIM maupun keperluan lainnya. Terobosan tersebut di antaranya dengan adanya fasilitas pojok anak, pohok Ngopi, Pojok Baca, Pojok Internet, Charging Box serta ruang menyusui.

Inovasi fasilitas baru di ruang pelayanan terpadu yang baru dibuka ini, dibuka oleh Satlantas bertepatan dengan HUT Lalu lintas ke-63. Dengan adanya peningkatan fasilitas pelayanan ini, masyarakat bisa lebih nyaman saat menunggu giliran.

“Kami sengaja meningkatkan pelayanan ini dengan adanya galeri Satlantas, pojok kopi supaya pembuat SIM tidak ngantuk. Termasuk juga beberapa layanan lain seperti pojok baca dan internet,” ujar Kasat Lantas, Akp Agoeng Ramadhani, Sabtu (29/09/2018).

Agoeng memaparkan, jika layanan tersebut sengaja dibuat seperti halnya sebuah café agar warga tidak tegang saat mengikuti tes. Biasanya, kata Agoeng, banyak yang gagal tes karena lamanya menunggu antrian hingga membuat suasana menjadi cukup tegang.

“Semua layanan baru ini gratis. Peningkatan fasilitas ini sebagaimana anjuran Menpan RB. Sedangkan layanan ini bukan untuk pemohon SIM saja, akan tetapi masyarakat siapa saja yang datang ke sini diperbolehkan menikmatinya secara gratis,” pungkasnya.

Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso, menambahkan, dalam HUT Lalu Lintas ini menjadi patokan untuk mereformasi strutural dengan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Bismo juga menegaskan, bahwa dalam pelayanan SIM tidak ada percaloan.

“Jika masih ada, tentu akan ditindak dan diproses sesuai ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Egi, salah satu pemohon SIM, mengatakan, inovasi Polres Ciamis tersebut sangat disambut baik olehnya. Pasalnya, ketika menunggu giliran tidak lagi jenuh karena banyaknya fasilitas yang bisa dinikmati, termasuk ngopi gratis.

“Ini bagus sekali. Ada buku bacaaa, bisa buat kopi sendiri, gratis lagi. Kita hanya mengharap selalu tingkatkan layanan kepada masyarakat agar bisa lebih betah dan nyaman,” ucapnya. (Her2/R6/HR-Online)