Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita BanjarPuluhan Peserta Upacara Hari Sumpah Pemuda di Banjar Jatuh Pingsan

Puluhan Peserta Upacara Hari Sumpah Pemuda di Banjar Jatuh Pingsan

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 28 pelajar pingsan saat mengikuti upacara Hari Sumpah Pemuda di Taman Lapang Bhakti, Kota Banjar, Jawa Barat, Senin pagi tadi (29/10/2018). Selain pelajar, peserta upacara yang jatuh pingsan ada juga dari kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Hal itu membuat petugas kesehatan dari Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dinas Kesehatan Kota Banjar, kewalahan menangani satu-persatu dari puluhan peserta upacara yang ‘tumbang’.

Para petugas kesehatan langsung mengevakuasi mereka yang pingsan dari barisan peserta upacara, kemudian dibawa ke tempat yang sudah disediakan oleh tim kesehatan untuk diberikan pertolongan. Hingga akhirnya satu-persatu peserta upacara yang pingsan kembali siuman.

Menurut salah petugas dari Dinas Kesehatan Kota Banjar, Enjang, para peserta yang jatuh pingsan dikarenakan banyak yang belum sarapan. Akibatnya mereka tiba-tiba merasakan mual dan pusing ketika mengikuti upacara.

“Penyebab peserta upacara jatuh pingsan karena banyak yang belum sarapan, sehingga mereka merasakan mual dan pusing, ditambah fisik mereka yang lemah,” terangnya.

Enjang menambahkan, seluruh peserta yang pingsan dapat ditangani langsung oleh petugas medis di lapangan hingga mereka pun kembali sadar atau siuman.

Meski banyak peserta upacara yang pingsan, baik dari kalangan pelajar maupun PNS, namun upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ini berjalan lancar sampai selesai.

Dalam kesempatan itu, Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, menjadi pembina upacara dengan peserta dari kalangan pelajar, TNI, POLRI, dan Ormas. Sedangkan para pejabat dan tamu undangan berada di tenda khusus yang telah disediakan. (Hermanto/R3/HR-Online)

- Advertisment -