Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita CiamisRumah Warga di Baregbeg Ciamis Terbakar Gara-gara Tungku

Rumah Warga di Baregbeg Ciamis Terbakar Gara-gara Tungku

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebuah rumah permanen milik Sodikin, warga Dusun Desa RT 01/RW 02 Desa Sukamaju, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilaporkan terbakar, Minggu (21/10/2018) sekitar pukul 15.00 WIB.

Api yang diduga berasal dari pembakaran tungku ini awalnya membakar ruangan dapur hingga akhirnya menjalar ke ruangan tengah. Beruntung, satu mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi dan langsung sigap memadamkan api yang dibantu warga setempat.

Api yang sudah membakar seluruh atap rumah pun akhirnya bisa dipadamkan dan tidak sampai meluluhlantakkan seluruh bangunan rumah. Hanya saja, ruangan dapur yang awal terbakar ludes dilalap api. Korban diperkirakan mengalami kerugian hingga mencapai puluhan juta rupiah.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, mengatakan, dari hasil assesment tim BPBD yang terjunkan ke lokasi, menyebutkan bahwa penyebab kebakaran berawal dari pembakaran tangku (hawu) di ruangan dapur. Ketika api membakar ruangan dapur kemudian menjalar ke ruangan tengah.

“Ruangan dapur dan sebagian ruangan tengah ludes terbakar beserta perabot rumah tangga. Meski tidak semua bangunan rumah ludes terbakar, karena berhasil dipadamkan oleh tim damkar, namun rumah korban tidak bisa ditempati lantaran separuh bangunanya ludes terbakar,” ujarnya.

Dari hasil assessment, kata Ani, korban yang terdiri dari 3 jiwa itu membutuhkan  sembako, terpal, alat makan, pelengkapan sekolah dan pakaian. “Karena sebagian besar harta bendanya ikut hangus dilalap api. Jadi, perlu dibantu untuk keberlangsungan hidupnya,” pungkasnya. (R2/HR-Online)

- Advertisment -