Sehari Jelang Pelaksanaan Pilkades Serentak, Wakapolres Banjar Cek Lokasi TPS di 5 Desa

Sehari Jelang Pilkades Serentak, Wakapolres Banjar Cek Lokasi TPS di 5 Desa. Photo: Nanang Supendi/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Menjelang pelaksanaan Pilkades Serentak hari Rabu besok (31/10/2018), Wakapolres Kota Banjar, Kompol. Ade Najmuloh, melakukan pengecekan kesiapan pelaksaanaan Pilkades ke lokasi TPS di 5 desa yang akan menggelar Pilkades.

“Saya lihat langsung ke TPS di lima desa,  termasuk ke kantor desanya. Kami ingin pastikan kesiapan panitia dan kesiapan pengamanannya. Kami Polresta Banjar sudah menggeser pengamanan atau menempatkan personil di setiap TPS,” katanya, kepada HR Online, saat dijumpai tengah mengecek lokasi di Desa Kujangsari, Selasa (30/10/2018).

Dia juga mengatakan, 30 personil polisi ditempatkan di setiap desa pelaksana Pilkades Serentak yang terbagi dibeberapa lokasi, seperti TPS, kantor desa, serta area lokasi lain yang perlu pengamanan.

Pengamanan dari petugas kepolisan akan dilakukan selama tiga hari, yaitu sehari menjelang dan dua hari sesudah pelaksanaan Pilkades Serentak.

Menurut Kompol. Ade Najmuloh, dari hasil pengecekannya, secara umum di desa pelaksana Pilkades, baik lokasi, sarana dan prasarana, semuanya telah siap melaksanakan kegiatan pemungutan suara esok hari.

“Intinya, alhamdulillah terpantau aman. Pokoknya bersama seluruh komponen warga yang ada, Polresta Banjar siap memberikan pengamanan terbaik, sehingga Pilkades terselenggara aman dan lancar,” tandasnya.

Disinggung terkait kemungkinan potensi terjadinya money politik, Wakapolres Banjar menegaskan, bahwa sampai saat ini belum ditemukan adanya hal demikian. Karena menurutnya, masyarakat sekarang sudah paham dan mengerti, serta bisa nilai calon mana yang terbaik.

Dia pun menilai, dalam Pilkades ini, bukan hanya potensi money politik, tapi ada juga istilah ‘rokok politik.’ Jika tim sukses memberi bingkisan berupa rokok dengan mengajak warga memilih calon tertentu, hal seperti itu juga termasuk bentuk kecurangan yang perlu diantisipasi bersama.

“Rokok politik juga perlu diwaspadai. Ya itu harus diantisipasi pula. Kami berharap penyelenggaraan Pilkades besok tidak ada gangguan apa pun, dan semoga situasi berlangsung aman dan kondusif,” tandasnya. (Nanks/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA