Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita PangandaranSeni Tradisional Ronggeng Gunung di Pangandaran akan Dikemas untuk Wisatawan

Seni Tradisional Ronggeng Gunung di Pangandaran akan Dikemas untuk Wisatawan

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Seni tradisional ronggeng gunung di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, akan dikemas untuk wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran.

Hal itu dikatakan Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, kepada HR Online, Rabu malam (24/10/2018). Dia juga menjelaskan, seni tradisional ronggeng gunung di Kabupaten Pangandaran merupakan salah satu seni tradisional yang sangat sederhana dan memasyarakat. Sehingga, tarian ini begitu digemari oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai anak-anak hingga kaum lanjut usia.

“Seni tradisional yang satu ini sudah sangat mengakar di warga Pangandaran. Jika seni ronggeng digelar, sekalipun di tempat hajatan selalu dipenuhi oleh para penari yang berasal dari kalangan masyarakat,” tuturnya.

Jeje juga mengatakan, bahwa untuk kedepan Pemerintah Kabupaten Pangandaran akan mengemas seni ronggeng gunung untuk para wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran, dan sebagai sarana pendukungnya, pemerintah kabupaten akan membuat panggung seni terbuka di lokasi obyek wisata.

Terkait dengan rencana tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pangandaran, Surman, mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik langkah Bupati Pangandaran. Terlebih selama ini di lingkungan Dinas Pendidikan, seni ronggeng gunung selalu diajarkan di setiap sekolah, mulai dari tingkat SD hingga SMA/SMK.

“Dengan demikian, seni ronggeng gunung jika disuguhkan kepada para wisatawan, maka kami siap untuk menampilkannya dari para pelajar kalau dibutuhkan,” tandas Surman. (Ntang/R3/HR-Onliner)

- Advertisment -