Tips Mengisi Daya Baterai Ponsel dengan Cepat

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Ponsel saat ini sudah menjadi barang yang wajib ada atau dimiliki oleh setiap orang. Sehingga sudah dipastikan ponsel setiap harinya pasti dipakai, baik untuk menerima atau memanggil, berkirim pesan, main game sampai untuk usaha.

Dengan sering dipakainya ponsel tersebut, tentu memakan daya baterai. Terlebih jika sering dipakai untuk bermain game. Masalahnya, ketika sedang enak-enaknya dipakai, tiba-tiba daya batarei habis, yang membuat jengkel adalah mengisi daya baterai tidak akan cepat atau memakan waktu.

Namun tidak usah khawatir, HR Online memberikan tips mengisi daya baterai ponsel dengan cepat, yang dirangkum dari Android Pit. 

# Pakai charger yang tepat

Mengisi daya baterai ponsel memang gampang, tinggal colokan charger ke ponsel dan arus listrik. Masalahnya, orang sering mengabaikan hal-hal yang sepele seperti mengisi daya baterai dengan charger bukan bawaan aslinya atau sembarangan.

Bahkan ada yang mengecas di komputer baik PC atau laptop via port USB. Padahal cara tersebut bukan hanya baterai lama diisinya, tapi juga rentan terkena virus yang disebarkan oleh komputer.

Lantas bagaimana tips mengisi daya baterai ponsel dengan cepat?, pertama Anda harus benar-benar menggunakan charger yang tepat, seperti besaran ampere dan voltase. Jika tidak membawa charger bawaan ponsel dan meminjang ke orang lain, harus periksa terlebih dulu ampere-nya.

# Pakai mode pesawat

Ponsel zaman sekarang atau smartphone sering digunakan untuk mengakses internet, game online atau aplikasi online lainnya yang berat. Aplikasi dengan mengandalkan internet, seperti email, pesan chat, Facebook dan lain sebagainya akan terus bekerja jika internet tidak dimatikan.

Nah, supaya saat mengisi daya baterai ponsel jenis smartphone cepat terisi, maka sebaiknya memakai mode pesawat, sehingga seluruh aplikasi yang mengakses data internet yang tentunya menguras baterai akan nonaktif.

Dengan memakai mode pesawat ini, bisa dilihat baterai ponsel akan meningkat saat diisi ulang, sehingga tentunya bisa menghemat waktu.

# Matikan ponsel

Smartphone memakai operasi berbasis Android akan terus menerus bekerja tanpa henti. Dengan kinerja smartphone tersebut tentu menguras daya baterai.

Oleh karena itu, tips mengisi daya baterai ponsel dengan cepat selanjutnya adalah mematikan ponsel tersebut. Kemungkinan besar baterai ponsel akan cepat terisi jika dimatian terlebih dulu.

Meski kelemahannya, Anda tidak akan mengetahui jika ada pemberitahuan dari SMS, atau pesan chat lainnya. Namun, cara tersebut sangat disarankan apabila baterai ponsel milik Anda mau diisi dengan cepat.

# Menjaga ponsel tetap dingin

Tips mengisi daya baterai ponsel dengan cepat selanjutnya adalah memperhatikan atau menjaga ponsel tetap dingin. Kondisi ponsel yang panas bisa menghambat pengisian daya baterai, sehingga akan memakan waktu yang lama untuk penuh.

Cara sederhana menjaga suhu ponsel tetap dingin yaitu dengan melepaskan pelindung saat melakukan isi ulang daya baterai. Atau saat mengisi ulang, letakkan ponsel di tempat yang suhu tidak panas, atau jangan langsung terkena sinar matahari.

Sedangkan mengecas daya baterai menggunakan powerbank, sebaiknya ponsel jangan disimpan di dalam saku celana, jaket atau tas. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA