Tips Mudah Supaya Buang Air Besar Lancar Tanpa Obat-obatan

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Jika Anda pernah merasakan susah buang air besar, pasti rasanya sangat tidak nyaman. Terlebih jika sudah sembelit pasti rasanya sangat menyiksa.

Apabila Anda mengalami hal seperti itu, ada beberapa tips mudah supaya buang air besar lancar. Tipsnya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber ini sangat aman, karena alami atau tidak menggunakan/mengandalkan obat. Berikut tipsnya.

# Minum air hangat

Meminum air hangat ternyata bisa merangsang atau mendorong sistem pencernaan, sehingga menguatkan gerakan peristaltik. Peristaltik sendiri adalah gerakan yang terjadi pada otot-otot pada saluran pencernaan yang menimbulkan gerakan semacam gelombang sehingga menimbulkan efek menyedot/menelan makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan.

Jadi, jika mau penyerapan makanan lancar, Anda dapat minum air hangat seperti kopi hangat. Dijelaskan dalam penelitian yang dilakukan oleh direktur Digestive Health Center at Augusta University, Satish Rao, MD, seperti dilansir dari prevention.com, bahwa kandungan yang ada di kopi dapat meningkatkan pembuatan hormon khusus yang bisa memperlancar proses buang air besar.

# Bangun tidur lebih pagi

Waktu yang paling baik untuk buang air besar adalah di pagi hari. Pasalnya, di waktu tersebut usus baru ‘mengaktifkan’ kontraksinya, serta memberi tanda mau buang air besar dan saat mengeluarkan feses tidak akan kesulitan.

# Posisi jongkok

Mengapa WC jongkok lebih memudahkan untuk buang air besar ketimbang WC duduk? Alasannya adalah saat buang air besar dengan posisi duduk, otot puborectalis bakal lebih santai serta membuka lebih lebar sudut anorektal melebar, sehingga memudahkan cara keluarnya feses.

Jadi orang yang buang air besar di WC duduk kesulitan mengeluarkan feses bukan berarti dia orang dusun atau ndeso, melainkan alasan di atas yang menjadi jawabannya.

# Pijat wilayah perineum

Tips mudah supaya buang air besar lancar lainnya yaitu dengan memijat disekitar wilayah perineum. Perineum sendiri letaknya berada di panggul. Sementara dari penelitian bahwa memijat di wilayah perineum merupakan solusi untuk mengeluarkan feses yang keras dengan mudah.

# Permen karet

Permen karet ternyata tidak hanya berkhasiat untuk membersihkan gusi, gigi dan membantu otak untuk berpikir atau berkonsentrasi dengan baik, melainkan juga membantu bagi Anda yang susah buang air besar.

Lho kok bisa? Menurut para peneliti, mengunyah permen karet bisa memperlancar sistem pencernaan. Mengunyah permen karet ternyata bisa memanipulasi tubuh, supaya berpikir seolah-olah sedang makan.

Proses ‘menipu’ tubuh ini akan diteruskan ke usus seakan-akan ada makanan yang datang, sehingga membuat usus kembali bekerja. Hal tersebut membuat usus akan mendorong kotoran ke luar, itulah yang Anda rasakan ingin buang air besar.

Selain itu, rajin mengunyah permen karet juga bisa membantu wanita sehabis melahirkan dengan operasi caesar yang sering mengalami kesulitan buang air besar. Solusi tersebut ditemukan lewat studi yang dilakukan oleh dokter dari University Hospital di Philadelphia, Amerika Serikat, Thomas Jefferson.

Sehingga tidak salah jika permen karet termasuk dalam salah satu tips mudah supaya buang air besar lancar. Namun sebagai catatan, permen karet yang Anda kunyah sebaiknya permen karet yang sedikit kandungan gulanya (less sugar) atau kalau bisa tanpa gula. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA