UPTD Pendidikan Baregbeg Ciamis Jaring Kader Kesehatan Lewat Dokcil

Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Baregbeg, H. Dedi Kusmana, saat memberikan sambutan pada acara Pelaksanaan Program Dokter Kecil, Sabtu (23/09/2018), bertempt di Aula UPTD Pendidikan Kecamatan Baregbeg. Foto : Heri Herdianto/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan bekerjasama dengan UPTD Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, menggelar kegiatan pelatihan Pelaksanaan Program Dokter Kecil (Dokcil) dalam Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Baregbeg, H. Dedi Kusmana, ketika ditemui Koran HR, Sabtu (23/09/2018), menjelaskan, program dokter kecil tersebut ditujukan bagi perwakilan siswa kelas 4 dari semua SD dan MI sewilayah Baregbeg.

Menurut Dedi, kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk menjaring kader kesehatan di setiap satuan pendidikan dasar. Nantinya, kader terlatih mempunyai peran memberikan informasi kesehatan kepada teman-teman di sekolahnya.

Lebih lanjut, Dedi menyebutkan, materi dalam pelatihan tersebut diantaranya mengenai pemahaman pola hidup bersih dan sehat (PHBS), tata-cara menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan kelas dan sekolah.

Selain itu, Dedi mengimbau setiap sekolah memiliki ruang UKS representatif, yang bisa digunakan untuk memberkan pertolongan pertama pada siswa yang sakit, sebelum kemudian dirujuk ke PKM.

“Nah, mereka (kader) juga diharapkan bisa memberikan pertolongan pertama, ketika ada teman mereka yang sakit di sekolah,” katanya.

Pembina UKS SDN 1 Jelat, Asep Lukmanul Hakim, ketika diminti tanggapan, Sabtu (23/09/2018), mengapresiasi upaya UPTD Pendidikan dan PKM Baregbeg untuk mempermudah warga sekolah mengakses layanan kesehatan.

Asep berharap, keberadaan dokter kecil di sekolah dapat menumbuhkan pemahaman serta kesadaran warga sekoah dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Selain itu, Asep juga berharap progra tersebut terus berjalan berkesinambungan, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dokter cilik.

“Sehingga, tujuan yang dihadarapkan dari kampanye gerakan masyarakat hidup sehat melalui kader kesehatan ini bisa terlaksana dengan baik dan tepat sasaran,” katanya. (Heri/Koran HR)