Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita Ciamis(Video) Obyek Wisata Alam Murbai di Ciamis Mulai Dilirik

(Video) Obyek Wisata Alam Murbai di Ciamis Mulai Dilirik

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Obyek wisata alam Murbai atau dikenal dengan sebutan alam Murbey, di kawasan pegunungan Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai dilirik wisatawan. Pasalnya, kawasan obwis ini menawarkan lokasi atau spot untuk swafoto.

Kaur Ekbang Desa Ciakar, Nono, ketik ditemui Koran HR, beberapa waktu lalu, membenarkan, banyak wisatawan lokal yang mulai berdatangan ke obyek wisata tersebut. Mayoritas wisatawan yang datang merupakan kalangan anak muda.

“Mereka yang datang terpesona dengan keindahan pemandangan alamnya,” kata Nono.

Evi, wisatawan asal Ciamis, ketika ditemui Koran HR, mengaku mengetahui Obwis alam ini dari seorang teman. Karena merasa penasaran, Evi pun memutuskan datang langsung ke lokasi.

“Panorama alamnya indah. Banyak lokasi atau spot foto yang bagus. Apalagi dari puncak kawasan wisata, bisa melihat keindahan kota Ciamis,” katanya.

Sebelumnya, Ipang Lazuardi, seorang musisi, atas undangan sebuah perusahaan, menyempatkan datang berkunjung ke obyek wisata alam Murbai. Dia berharap, obyek wisata baru tersebut dikenal luas dan mendatangkan banyak wisatawan.

Potensi Agrowisata

Objek wisata ini dinamai Murbai, ternyata mengambil dari nama kampungnya. Kawasan wisata ini berada di Kampung Murbai Dusun Sindangjaya, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Selain menawarkan keindahan alam, di lokasi ini pun tampaknya cocok untuk dikembangkan menjadi kawasan agrowisata.

Bahkan, di kawasan pegunungan tersebut, kini sudah terdapat area perkebunan cabai, jambu dan jenis cocok tanam lainnya milik warga setempat. Area perkebunan itu pun sudah menjadi ladang pencaharian warga yang cukup menjanjikan.

Menurut Nono, kawasan pegunungan Murbai memang sangat mungkin untuk dikembangkan menjadi objek wisata dengan jenis yang beragam. Selain lahannya cukup luas, juga memiliki kelebihan dari daya tarik keindahan alamnya.

“Apabila disinergikan dengan ogrowisata dan dipercantik dengan wisata buatan, jelas sangat cocok. Jadi, kalau posisi agrowisata berada di bawah bukit, jelas akan menambah keindahan apabila wisatawan melihat dari atas bukit. Agrowisata juga bisa dijadikan sarana edukasi,” ungkapnya.

Selain itu, di kawasan pegunungan Murbai pun sudah sering digunakan untuk tempat berkemah oleh para pencinta alam. Apabila dikemas dengan baik, wisatawan pun bisa berkemah di kawasan wisata ini. “Udara di pegunungan ini kalau di pagi hari sangat sejuk sekali. Jadi, sangat cocok untuk tempat berkemah sekaligus tempat bersantai di tengah sejuknya alam pegunungan,” ujar Nono.

Nono pun berharap Pemkab Ciamis turut membantu mengembangkan objek wisata alam Murbai. Setidaknya Pemkab memberikan dukungan dalam membangun akses infrastruktur yang memadai di sepanjang jalan menuju objek wisata tersebut. (Dji/Koran HR)