Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri smartphone Anda Kena Hack

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Semakin canggih ponsel sekarang menjadikan para peretas beralih menyerang smartphone. Pasalnya, ponsel pintar sekarang ini bisa mengakses multimedia serta menyimpan data pribadi dengan keamanan yang minimum, sehingga bisa menjadi sasaran empuk bagi para hacker.

Tidak semua smartphone dibekali dengan keamanan yang baik, masing-masing mempunyai celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh peretas untuk mengambil data-data atau bahkan informasi pribadi dari dalam smartphone.

Sebenarnya ada ciri-ciri smartphone kena hack oleh orang lain. Seperti apa ciri-cirinya, berikut ulasan HR Online mengutip dari Brightside dan brilio.

# Baterai cepat habis

Masing-masing ponsel pintar dibekali dengan daya baterai yang tidak sama. Namun Anda pasti akan tahu habisnya baterai smartphone yang sering Anda pakai sehari-hari.

Tapi, apabila baterai mendadak habis padahal Anda memakainya biasa saja, itu patut dicurigai. Bisa jadi di dalam smartphone ada aplikasi yang tersebunyi atau beroperasi secara background, padahal aplikasi tersebut tidak Anda pasang.

Aplikasi tersebut dapat berupa atau sejenis malware yang dapat mengambil data pribadi tanpa sepengetahuan pemiliknya. Jadi dengan diketahuinya ciri-ciri smartphone kena hack, untuk itu mulai dari sekarang hindari memasang aplikasi sembarangan yang sumbernta tidak diketahui.

# Ponsel mendadak hangat

Tidak jauh berbeda dengan yang di atas, ciri-ciri smartphone kena hack apabila ada aplikasi yang beroperasi secara tersembunyi maka selain baterai cepat habis juga smartphone menjadi cepat hangat.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda memeriksa di pengaturan smartphone, aplikasi apa saja yang tengah beroperasi. Dari situ terlihat aplikasi mana saja yang tengah berjalan. Dan apabila Anda mengetahui aplikasi yang benar-benar mencurigakan, langsung hapus atau uninstall.

# WiFi sering nyala sendiri

Ciri selanjutnya adalah WiFi pada smartphone mendadak aktif dengan sendirinya. Jika memang demikian, sebaiknya Anda perlu waspada. Pasalnya, kemungkinan besar smartphone Anda sedang disadap.

Biasanya para peratas ini akan dengan mudah masuk ke smartphone Anda tanda diketahui yaitu melalui WiFi di tempat umum. Dengan begitu, hacker tidak akan kesulitan mengambil data dan menginfeksi smartphone yang menjadi targetnya.

# Mendengar suara aneh ketika menelepon

Ciri-ciri smartphone kena hack selanjutnya yaitu mendengar suara aneh seperti suara bising saat menelepon. Jika terjadi hal demikian, Anda perlu berhati-hati, terlebih teman bicara Anda merasa tidak ada yang aneh aau suaranya terdengar baik-baik saja. Jadi kemungkinan besar smartphone Anda sedang disadap oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

# Kuota mendadak boros

Ciri yang terakhir adalah kuota data internet tiba-tiba menjadi boros. Kemungkinan besar ada aplikasi yang tengah mentransfer data tanpa diketahui oleh pemiliknya. Jika memang pada smartphone Anda terjadi hal seperti itu, sebaiknya cepat periksa apakah ada aplikasi yang mencurigakan. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA