Minggu, Agustus 7, 2022
BerandaBerita BanjarWakapolres Banjar Tekankan Bhabinkamtibmas Harus Netral dalam Pilkades

Wakapolres Banjar Tekankan Bhabinkamtibmas Harus Netral dalam Pilkades

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Lima desa di Kota Banjar dalam di tahun 2018 ini akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.

Desa yang akan melaksanakan Pilkades ini diantaranya Desa Jajawar Kecamatan Banjar, Desa Sukamukti dan Desa Sinartanjung Kecamatan Pataruman, serta Desa Kujangsari dan Desa Rejasari di wilayah Kecamatan Langensari.

Untuk mengamankan Pilkades serentak tersebut, Wakapolres Banjar, Kompol Ade Najmulloh memberi arahan dan pembekalan terhadap seluruh personel Bhabinkamtibmas, di Aula Mapolres Banjar, Kamis (25/10/2018).

“Tugasnya menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah desa yang menyelenggarakan Pilkades,” katanya.

Selain itu, Wakapolres Banjar secara tegas menyampaikan, bahwa personel Bhabinkamtibmas harus menjaga netralitas Polri atau tidak berpihak pada salah satu calon kepala desa.

“Bhabinkamtibmas harus netral dan tidak berpihak kepada salah satu calon kepala desa,” tegasnya.

Seperti diketahui, kini di desa yang akan melaksanakan Pilkades tengah memasuki tahap kampanye selama tiga hari ke depan, dan dimulai hari, Kamis (25/10/2018) .

Informasi yang diperoleh HR Online, bentuk dan cara kampanye dari masing-masing desa berbeda-beda, yaitu ada yang pelaksanaan kampanye bersama dan ada juga berkampa sendiri atau terpisah dari setiap cakaldes yang disesuaikan jadwal dan tempat kampanye yang ditentukan panitia.

Sekretaris panitia Pilkades tingkat Kota Banjar, Sahudi, yang juga selaku Kepala Dinas PMPDKBPol Kota Banjar mengungkapkan, bahwa bentuk dan cara kampanye dari setiap desa ini bervariasi, sesuai dengan Perdes dan tata tertib dari masing-masing desa pelaksana Pilkades.

“Tentunya mulai hari pertama kampanye besok, kami akan menurunkan anggota tim yang berkeliling memantau pelaksanaannya ke setiap desa tersebut,” ujarnya, saat dikonfirmasi HR Online, Rabu (24/10/2018).

Lebih lanjut dia menjelaskan, setelah tahapan kampanye selesai dilalui, kemudian tiga hari akan memasuki masa tenang mulai tanggal 28 sampai 30 Oktober 2018 mendatang. (Hermanto/R5/HR-Online)