Wayang Golek Milenial Bakal Meriahkan Hari Jadi Pangandaran ke-6

Kepala Seksi Seni dan Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pangandaran, Iing Rohidin. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Pangandaran ke-6 yang jatuh pada 25 Oktober 2018 mendatang, Pemkab Pangandaran berencana akan menggelar pagelaran wayang golek milenial.

Kepala Seksi Seni dan Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pangandaran, Iing Rohidin, mengatakan, dalam memeriahkan HUT Pangandaran ke-6 tersebut nantinya bakal ditampilkan berbagai hiburan untuk masyarakat, salah satunya wayang golek milenial. Wayang tersebut, kata ia, merupakan inovasi masyarakat dari wayang golek pada umumnya.

“Tentu saja dengan inovasi baru bisa menarik masyarakat, khususnya kalangan muda agar kesenian dan tradisi kita tetap terjaga,” kata Iing, Jum’at (05/10/2018).

Dalam pagelaran tersebut, lanjut Iing, nantinya akan mengangkat kisah awal mula berdirinya Kabupaten Pangandaran yang dikombinasikan dengan legenda yang selama ini masih melekat di masyarakat, seperti cerita Dewi Siti Samboja yang merupakan pelaku seni ronggeng gunung.

“Eksistensi wayang goleh memang saat ini masih kalah dengan tradisi lain, seperti pada saat hajatan masyarakat lebih banyak memilih menampilkan seni musik dangdut dibandingkan dengan penampilan wayang golek. Mudah-mudahan saja dengan penampilan wayang ini masyarakat bisa termotivasi untuk melestarikan budaya kita,” pungkasnya. (Ntang/R6/HR-Online)