Senin, September 26, 2022
BerandaBerita CiamisAda Kuda Jantan Siluman di Desa Gegempalan Ciamis, Mitos atau Fakta?

Ada Kuda Jantan Siluman di Desa Gegempalan Ciamis, Mitos atau Fakta?

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Gegempalan merupakan salah satu desa yang memiliki cerita mistis. Konon katanya, di Desa Gegempalan ada kuda jantan siluman yang bisa membuahi kuda-kuda betina yang dibawa para penggembala ke desa tersebut.

Desa Gegempalan sendiri lokasinya berada di wilayah Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Menurut cerita turun-temurun masyarakat setempat, pada zaman dulu Desa Gegempalan selalu kedatangan para pengembala kuda yang mencari rumput. Bahkan, penggembala kuda dari luar Ciamis pun ada.

Kepala Desa Gegempalan, Wawan, mengatakan, menurut mitos yang beredar di masyarakat, selain mencari rumput, para pengembala datang dengan kuda-kuda betina yang dipercaya kalau pulang dari desa tersebut selalu hamil dan melahirkan kuda-kuda bagus.

“Arti dari kata Gegempalan terdiri dari dua kata, yaitu Gegem dari kata Gegep, kalau  Palan dari kata Sampalan, disatukan jadi Gegempalan. Arti dari Gegep sendiri penuh atau banyak Sampalan, artinya padang rumput. Konon menurut cerita terdahulu, di Desa Gegempalan terkenal mempunyai padang rumput yang sangat luas,” terang Wawan, Rabu (14/11/2018).

Namun, saat ini padang rumput tersebut sudah tidak ada. Meski begitu, hingga sekarang masih saja ada para peternak yang sengaja datang ke Desa Gegempalan untuk mencari rumput buat ternaknya.

Selain itu, lanjut Wawan, menurut cerita orang tua dulu, di desa ini juga ada kuda jantan siluman yang bisa membuahi kuda-kuda betina yang digembala para penggembala dari luar daerah. Namun, mitos tersebut sampai saat ini memang belum terbukti keberadaannya, tetapi untuk para penggembala yang mencari rumput memang masih ada. “Menurut masyarakat di sini, pada malam-malam tertentu sampai sekarang masih suka terdengar suara telapak kaki kuda,” pungkasnya. (Fahmi/R3/HR-Online)