Agun Gunandjar: Dana Desa Bisa Bantu Penguatan Modal UMKM

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Anggota Komisi XI DPR RI, Agun Gunandjar Sudarsa, menyebutkan bahwa dana desa (DD) yang dikucurkan pemerintah ke setiap desa bisa dimanfaatkan untuk penguatan modal bagi pelaku usaha mikro.

“Tidak hanya infrastruktur, dana desa juga bisa untuk penguatan modal pelaku UMKM (usaha mikro kecil dan menengah,” kata Agun usai kegiatan Seminar Edukasi Literasi Keuangan Bagi Pelaku Usaha Lokal bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di Hotel Tyara Ciamis, Senin (19/11/2018).

Agun menjelaskan, permasalahan utama para pelaku UMKM saat ini yaitu sulitnya mencari permodalan. Akibatnya, usaha yang mereka jalankan tidak bisa berkembang bahkan gulung tikar.

“Di Ciamis, infrastruktur jalan dan distribusi sudah berjalan. Dana desa tidak lagi untuk infrastuktur, tapi untuk pemberdayaan masyarakat (pelaku UMKM),” katanya.

Menurut Agun, dengan kucuran modal dari dana desa, masyarakat pelaku UMKM berkesempatan untuk berkreasi. Dengan begitu, UMKM di desa bisa berkembang dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

“Mereka akan mendapatkan tambahan penghasilan, sehingga ekonomi rakyat semakin eektif,” katanya.

Anggota Komisi XI DPR RI, Agun Gunandjar Sudarsa, saat melihat produk UMKM Ciamis, di acara Seminar Edukasi Literasi Keuangan Bagi Pelaku Usaha Lokal bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Hotel Tyara Ciamis, Senin (19/11/2018). Foto: Heri Herdianto/HR

Terkait kegiatan Seminar Edukasi Literasi Keuangan Bagi Pelaku Usaha Lokal, Agun menambahkan, tujuannya adalah memberikan perkembangan informasi terkait kebijakan pemerintahan dan Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa.

Menurut Agun, Kabupaten Ciamis memiliki banyak produk makanan atau kerajinan unggulan yang berkualitas dan mampu bersaing. Seperti abon yang terkenal, Galendo, Sale, Seroja dan kerajinan seperti bambu bisa dalam industri ukir ataupun miniatur rumah dari bambu.

“Kedepan, jika desa kuat, rakyat kuat, maka tidak ada lagi permasalahan migrasi dari desa ke kota, tapi sebalikanya, dari kota ke desa,” pungkasnya. (Deni/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA