Akibat Tangku, Pabrik Tahu dan Rumah Warga di Rancah Ciamis Ludes Terbakar

Pabrik tahu di Dusun Simpurjaya RT 07/RW 03 Desa Kawunglarang, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilaporkan terbakar, Selasa (30/10/2018). sekitar pukul 23.30 WIB. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebuah pabrik tahu di Dusun Simpurjaya RT 07/RW 03 Desa Kawunglarang, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilaporkan terbakar, Selasa (30/10/2018). sekitar pukul 23.30 WIB. Akibatnya, bangunan pabrik dan satu bangunan rumah beserta isinya ludes terbakar. Dalam kebakaran ini pun dilaporkan 2 sepeda motor dan 4 mesin penggiling kedelai ikut hangus terbakar dilalap si jago merah.

Kabid Kedaluratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, mengatakan, dari hasil assesment yang dilakukan Tim Pusdalops, diketahui bahwa penyebab kebakaran dipicu dari tangku penggorengan tahu.

“Awalnya api membakar pabrik tahu. Kemudian merembet ke bangunan rumah di sebelahnya,” ujarnya, kepada HR Online, Rabu (31/10/2018).

Ani menambahkan, karena kebakaran terjadi tengah malam, membuat upaya pemadaman api kurang maksimal. Selain itu, bangunan rumah yang banyak terbuat dari bahan kayu serta ditambah hembusan angin yang cukup kencang, membuat api cepat membesar.

“Akibatnya, upaya pemadaman yang dilakukan oleh tim pemadam kebakaran yang dibantu warga tidak mampu menyelamatkan objek kebakaran. 2 bangunan beserta isinya hangus terbakar,” ujarnya.

Menurut Ani, bangunan pabrik tahu diketahui milik Wawan. Sementara satu bangunan rumah milik Suud. “Keluarga Pak Suud yang berjumlah 5 jiwa kini mengungsi ke rumah saudaranya. Selain rumahnya tidak layak lagi untuk ditempati, mereka pun mengalami trauma akibat musibah kebakaran ini,” ujarnya.

Namun begitu, dalam peristiwa kebakaran ini tidak ada korban jiwa ataupun luka. Hanya korban mengalami kerugian sekitar puluhan juta rupiah. (R2/HR-Online)